Dorong pemulihan ekonomi, KPKNL gelar Gebyar Lelang UMKM di Bukittinggi

id berita bukittinggi,berita sumbar,lelang

Dorong pemulihan ekonomi, KPKNL gelar Gebyar Lelang UMKM di Bukittinggi

Kepala KPKNL Bukittinggi. (Antarasumbar/Al Fatah)

Ini kegiatan lelang pertama kalinya,
Bukittinggi (ANTARA) - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi, Sumatera Barat menyelenggarakan Gebyar Lelang UMKM secara online untuk mendukung program pemulihan ekonomi (PEN) saat pandemi di daerah setempat.

"KPKNL Bukittinggi sebagai salah satu unit vertikal DJKN menghimpun beberapa pelaku usaha UMKM yang ada di Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar untuk dapat memasarkan produk UMKM melalui mekanisme lelang," kata Kepala KPKNL Bukittinggi, Hermawan Sukmajati di Bukittinggi, Kamis.

Produk UMKM yang disertakan dalam lelang itu antara lain kain tenun Pandai Sikek, kerajinan perak Koto Gadang, kerajinan manik-manik, kerajinan kulit dan tanaman bonsai.

Hermawan mengatakan agar melalui Lelang UMKM memberikan benefit bagi para pelaku usaha UMKM dan menggerakkan ekonomi daerah.

"Ini kegiatan lelang pertama kalinya, jadi memang belum begitu banyak pelaku ekonomi dari berbagai daerah yang ikut dalam memasarkan produksinya, tentunya selanjutnya akan lebih massif kita laksanakan," kata dia.

Menurutnya dalam tahap awal, UMKM yang memasarkan produknya juga dibatasi dari daerah Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam dan Tanah Datar.

"Tapi pembeli atau peserta lelang bisa berasal dari mana saja, kita fasilitasi antara penjual dan pembeli dalam aplikasi lelang dari lelang.co.id dan lelang UMKM," kata dia.

Lelang UMKM, menurutnya memang hal baru yang diprioritaskan untuk pengembangan perekonomian di seluruh daerah yang dikerjasamakan Satuan Kerja.

"Lelang Gebyar ini juga kami informasikan untuk membuat akun lelang terlebih dulu, strateginya kami kerjasamakan dengan Pemda dan lembaga lain," katanya.

Bazar Lelang juga diselenggarakan menyambut Ramadhan dan merayakan Peringatan 114 tahun Lelang Indonesia.