Jusuf Kalla ingatkan PMI bantu pemenuhan kebutuhan air bersih korban gempa Pasaman dan Pasaman Barat

id bantuan PMI,palang merah indonesia,jusuf kalla

Jusuf Kalla ingatkan PMI bantu pemenuhan kebutuhan air bersih korban gempa Pasaman dan Pasaman Barat

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menyerahkan tangki air bersih untuk mendukung penyediaan air bersih bagi korban gempa di Pasaman dan Pasaman Barat, Sumatera Barat. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) membantu pemenuhan kebutuhan air bersih korban gempa di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Ketua Umum PMI M Jusuf Kalla menekankan pentingnya penyediaan air bersih bagi warga yang terdampak gempa di Pasaman dan Pasaman Barat.

"Daerah yang terdampak gempa selalu seperti itu, kebutuhan air vital bahkan bisa sampai setahun setelah bencana. PMI Sumbar harus berupaya semaksimal mungkin untuk penyediaan air bersih ini," katanya di Padang, Sabtu, saat menerima laporan mengenai upaya tanggap darurat yang telah dilakukan PMI Sumbar di daerah terdampak bencana.

Ia mengatakan bahwa PMI pusat memantau kondisi warga yang terdampak gempa bumi dan menyalurkan bantuan kepada korban gempa berdasarkan laporan dari PMI Sumbar.

PMI sudah mengirim mobil tangki air bersih untuk mendukung pemenuhan kebutuhan air bersih warga yang terdampak gempa di Pasaman dan Pasaman Barat. Selain itu, PMI menyalurkan bantuan obat-obatan dan pakaian.

Ketua Bidang Organisasi PMI Sumbar Aim Zein mengatakan bahwa PMI turun untuk membantu warga yang terdampak gempa di Pasaman dan Pasaman Barat sejak enam jam setelah bencana terjadi.

"Hari ketiga, 14 PMI kabupaten dan kota di Sumbar sudah turun ke lokasi membantu korban bencana," katanya.

PMI Sumbar juga mengirimkan bantuan terpal, family kit, selimut, matras, masker, tenda lorong, sprayer, quarantine kit.

Selain itu PMI Sumbar juga mendapat bantuan 300 paket Shelter Tools kit dari Yayasan Care Peduli dan bantuan Huntara Semen Indonesia dari Semen Padang yang segera didistribusikan. *