Palang Merah Malaysia BSMM kunjungi PMI Bukittinggi

id Palang Merah Malaysia, Bulan Sabit Merah

Palang Merah Malaysia BSMM kunjungi PMI Bukittinggi

Rombongan Palang Merah Malaysia Bulan Sabit Merah Malaysia (BSMM) saat mengunjungi Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bukittinggi. (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Palang Merah Malaysia, Bulan Sabit Merah (BSMM) mengunjungi Kantor Palang Merah (PMI) Kota Bukittinggi Sumatera Barat dalam rangka Hari Palang Merah Indonesia ke-79 yang bertujuan sekaligus promosi nilai kemanusiaan di Indonesia.

Wakil Ketua BSMM, Rita Kamal di Bukittinggi, Kamis (19/9) mengatakan pihaknya mengapresiasi dengan keberadaan PMI Kota Bukittinggi dikarenakan kepemilikan fasilitas yang memberikan kemudahan dan pelayanan bagi masyarakat di daerah.

"Dibandingkan dengan kami di BSMM, kami agak ketinggalan, itu disebabkan oleh kekurangan keuangan, kemudian dari segi kesiapsiagaan itu yang agak kurang. Di tempat kami keadaan bencananya tidak sehebat di sini. Jadi, kesiapsiagaan itu kurang. Mungkin pemerintah pun tak nampak sangatlah untuk kepentingan Bulan Sabit Merah Malaysia,” kata Rita.

Ia mengatakan BSMM sebelumnya juga sudah berkunjung ke PMI Bukittinggi di masa wabah COVID-19 yang lalu.

Rita Kamal mengatakan pihaknya akan mencoba melakukan perbaikan dan penambahan kekurangan yang dimiliki keorganisasian, terutama dengan pelaksanaan kunjungan ke PMI Kota Bukittinggi ini memberikan informasi dan inovasi untuk mendukung kemajuan BSMM.

“Kami sedikit demi sedikit mencoba dan akan memperbaiki juga menambah baik berdasarkan pemerhatian dari segi yang dicontohkan seperti lawatan ke sini. Kami akan dapat input-input yang baik, yang mungkin kami akan aplikasikan di tempat kami,” katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan donor darah di Malaysia dikelola oleh pemerintah atau rumah sakit yang disebut hospital, sehingga BSMM hanya membantu mengkoordinir para pendonor melakukan donor darah di hospital.

Begitu juga, pelaksanaan kegiatan yang ditujukan untuk memfasilitasi masyarakat Malaysia berdonor darah serupa mengandeng majelis dan komunitas tetap mendapat dukungan Bulan Sabit Merah Malaysia (BSMM).

“Kalau di Malaysia donor darah itu dikelola oleh pemerintah atau hospital, walau bagaimana pun kebanyakan Bulan Sabit Merah Malaysia hanya membantu membuat program donor darah,” kata dia.

Ia menambahkan BSMM tidak memiliki unit khusus seperti Unit Donor Darah (UDD) yang ada di PMI Kota Bukittinggi.

“ jadi, di kami di Bulan Sabit Merah tidak ada punya unit khas seperti di sini, kami hanya bekerjasama dengan hospital dan majelis serta community untuk melaksanakan program donor darah,” katanya.

Rombongan BSMM bersama 22 orang mahasiswa Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) melakukan kunjungan ke Bukittinggi difasilitasi oleh PMI Kota Bukittinggi. Rombongan dari Malaysia ini juga mengunjungi beberapa perguruan tinggi yang tersebar di Kota Bukittinggi.

BSMM ikut berinteraksi ke masyarakat dengan pelaksanaan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis hingga mengunjungi Istana Basa Pagaruyung sebelum bertolak ke Malaysia.