Durian Pessel bisa datangkan wisatawan nusantara

id berita pessel,berita painan,durian pessel,wisatawan pessel

Durian Pessel bisa datangkan wisatawan nusantara

PADANG, 7/11 - Seorang pedagang menata buah durian yang ia jual . FOTO ANTARA SUMBAR/Iggoy el Fitra

Painan (ANTARA) - Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang IV nagari Bayang Utara, Batang Kapas dan beberapa wilayah lain yang menjadi sentra penghasil durian di Kabupaten Pesisir Selatan, provinsi Sumatra Barat bisa mendatangkan wisatawan lokal dan nusantara yang ingin menikmati legitnya buah itu dengan harga yang relatif murah.

"Salah satu potensi yang yang bisa dikemas dan dijual kepada wisatawan adalah ketika daerah itu memasuki musim panen durian," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan Suhendri di Painan, Rabu (19/1).

Biasanya pembeli durian adalah pengedara kendaraan dan penjual juga sudah menyediakan pondok untuk duduk menikmati lezatnya buah durian ditemani ketan.

Kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat memiliki berpeluang bisa dijadikan sebagai daya tarik pariwisata. Tentunya bila potensi kearifan lokal itu dilakukan pengelolaan dan pengembangan secara profesional, termasuk juga di Kabupaten Pesisir Selatan.

Bisa juga pengunjung diajak melihat durian yang tumbuh di kebun mereka dan ikut menunggu buah itu jatuh. Kearifan lokal itu bisa dikemas menjadi wisata minat khusus apabila disesuaikan dengan potensi dan keunikan yang dimiliki menurut selera atau minat pengunjung. Sebab Pessel sekarang memang telah dijadikan sebagai salah satu daerah kunjungan wisata utama oleh masyarakat di Sumbar.

"Pesisir Selatan selain memiliki wisata pantai dan pulau-pulau kecil yang indah, juga memiliki aliran sungai yang jernih, kawasan perbukitan hijau yang dihiasi hamparan sawah yang luas, serta juga bermacam jenis tanaman buah pada lahan perkebunan milik masyarakat. Berbagai potensi itu memiliki peluang besar untuk dikembangkan menjadi lokasi wisata minat khusus, yang hingga saat ini belum dikemas dan dijual kepada wisatawan," katanya.