Solok Selatan gelar gebyar Sumdarsin Porbi

id berita solok selatan,berita sumbar,vaksin

Solok Selatan gelar gebyar Sumdarsin Porbi

Sekretaris Daerah Solok Selatan, Syamsurizaldi. (Antarasumbar/Erik Ifansya Akbar)

Saat kegiatan berburu babi kami menyediakan layanan vaksin bagi peserta berburu babi maupun masyarakat yang ingin divaksin,
Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan, Sumatera Barat menggelar gebyar Sumdarsin (Sumbar Sadar Vaksin) Persatuan Berburu Babi (Porbi) untuk percepatan capaian vaksinasi COVID-19.

"Saat kegiatan berburu babi kami menyediakan layanan vaksin bagi peserta berburu babi maupun masyarakat yang ingin divaksin," kata Sekretaris Daerah Solok Selatan, Syamsurizaldi di Padang Aro, Kamis.

Dia menjelaskan, gebyar Sumdarsin Porbi dilaksanakan dua hari yaitu Sabtu 18/12 dan Minggu 19/12 dengan peserta berasal dari berbagai daerah seperti Sumbar, Bengkulu, Jambi, Riau maupun dari pulau Jawa.

Untuk kegiatan pada Sabtu 18/12, dipusatkan di Pasar Baru Muaralabuh dengan lima tim layanan vaksinasi.

Kegiatan Sabtu berupa hiburan yaitu permainan kim dan orang yang mendapatkan kuponnya harus bisa memerlihatkan bukti sudah divaksin.

Sedangkan pada Minggu 19/12, juga disediakan tiga layanan vaksin yang bertempat di SD 01 Sikumbang.

"Kami menargetkan 1.000 orang divaksin saat gebyar Sumdarsin Porbi dan berharap 31 Desember 2021 mencapai 70 persen," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Solok Selatan Novirman mengatakan stok vaksin saat ini ada 8.300 dosis terdiri dari coronavac, sinovac, moderna dan faizer jadi cukup untuk kegiatan Sumdarsin.

"Kalau stok ini habis provinsi juga sudah menyiapkannya sehingga tidak ada masalah," ujarnya.

Dia mengatakan, sekarang vaksinasi COVID-19 di Solok Selatan sudah diangka 64,4 persen atau sisa 5,6 persen untuk menuju 70 persen.

Kalau dihitung jumlah yang harus dicari untuk mencapai 70 persen yaitu 8.930 orang dan dengan 14 hari tersisa Solok Selatan butuh 538 orang perhari.