Dongkrak capaian vaksinasi, polisi dan TNI di Solok Selatan rela jalan dari rumah ke rumah

id Vaksinasi covid-19,Polsek sungai pagu,Polres solok selatan

Dongkrak capaian vaksinasi, polisi dan TNI di Solok Selatan rela jalan dari rumah ke rumah

Kapolsek Sungai Pagu Iptu Irwansyah memberikan sosialisasi tentang vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat Nagari Koto Baru, Kec. Sungai Pagu, Kab. Solok Selatan. (ANTARA/HO-Humas Polsek Sungai Pagu)

Padang Aro (ANTARA) - Kepolisian Republik Indonesia dan TNI di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, bahu-membahu menggencarkan sosialisasi vaksinasi COVID-19 dengan mengunjungi rumah-rumah warga, seperti di Nagari Koto Baru, yang merupakan kawasan objek wisata perkampungan adat Saribu Rumah Gadang.

"Vaksinasi massal akan dilaksanakan besok, Kamis (9/12). Alhamdulillah sambutan masyarakat baik," kata Kapolsek Sungai Pagu Iptu Irwansyah di Padang Aro, Rabu.

Kawasan Saribu Rumah Gadang, katanya merupakan kawasan objek wisata yang akan menerima kunjungan wisatawan yang berasal dari pelbagai daerah.

"Sehingga masyarakat perlu dipersiapkan dari kesehatannya," ujarnya.

Ia menyebutkan sosialisasi vaksinasi rumah ke rumah telah dilakukan sejak Senin (6/12) bersama Muspika Sungai Pagu.

Irwansyah menambahkan dalam mempermudah mobilisasi masyarakat yang akan melakukan vaksinasi itu, pihaknya akan memberikan fasilitas antar jemput.

"Antar jemput untuk masyarakat yang tidak memiliki kendaraan," katanya.

Dengan upaya ini, katanya berharap bisa mendongkrak capaian vaksinasi di wilayah hukumnya.

"Sampai sekarang sudah mencapai 65 persen warga yang vaksinasi tahap dua. Semoga 15 persen sisa untuk mencapai target bisa tercapai," katanya.

Ia berharap masyarakat tidak takut untuk divaksin karena tidak berbahaya bagi kesehatan.

"Sebagai contoh saya sendiri sekarang sudah dua kali. Umur saya sekarang sudah 57 tahun dan tidak ada dampak negatif terhadap kesehatan setelah vaksinasi, " katanya.

Vaksinasi ini, imbuhnya untuk menciptakan kekebalan bersama kendati harus menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, jika akan melakukan aktivitas di luar rumah.

Sementara itu, TNI juga tidak mengendorkan sosialisasi vaksinasi COVID-19 untuk mengingatkan masyarakat akan manfaatnya vaksinasi. Sosialisasi dari rumah ke rumah melalui Babinsa seperti yang dilakukan personel Kodim 0309/Solok Sertu Osman Gumandra di Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan.

Selain mengajak masyarakat untuk vaksinasi, Osman juga mengantar warga yang ingin vaksinasi karena terkendala kendaraan. (*)
Babinsa Kodim 0309/Solok Sertu Osman Gumandra mengantarkan warga Nagari Alam Pauh Duo, Kec. Pauh Duo, Kab Solok Selatan yang hendak vaksinasi COVID-19. (ANTARA/HO)