Yayasan Arisal Aziz bangun pesantren tahfiz dan BLK gratis untuk yatim dan kaum duafa

id berita padangpariaman,berita sumbar,aziz

Yayasan Arisal Aziz bangun pesantren tahfiz dan BLK gratis untuk yatim dan kaum duafa

Ketua Yayasan Arisal Aziz, Dedi Salim sedang melihat pengerjaan pembangunan pesantren tahfiz di Kecamatan V Koto, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar. (Antarasumbar/Aadiaat M. S. )

Jadi ada BLK mini,
Parit Malintang (ANTARA) - Yayasan Arisal Aziz sedang membangun pesantren tahfiz di Kecamatan V Koto, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) yang dilengkapi dengan balai latihan kerja (BLK) yang biayanya gratis untuk anak yatim dan kaum duafa.

"Bangunan ini terdiri dari dua lantai dan sekarang pengerjaannya sudah sekitar 20 persen," kata Ketua Yayasan Arisal Aziz, Dedi Salim di Kecamatan V Koto, Senin.

Ia mengatakan lantai bawah bangunan yang memiliki luas 24 meter x 22 meter tersebut nantinya akan digunakan sebagai pusat pelatihan BLK baik dalam bidang mesin maupun komputer.

Sedangkan lantai dua bangunan tersebut, akan digunakan sebagai pondok tahfiz serta kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya.

"Jadi ada BLK mini. Kami datangkan gurunya baik dalam teknologi informasi, mesin, serta hafalan Al-Quran," katanya.

Dedi mengatakan pembina yayasan tersebut telah mempersiapkan tim pengajar dari Yaman dan Mesir untuk mengajarkan menghafal Al-Quran.

Lokasi pembangunan pesantren tersebut yaitu di depan Masjid Raya Ismael atau dekat Pasar Kampung Dalam. Bentuk bangunan pesantren itu rencananya hampir sama dengan masjid tersebut.

Pihaknya memperkirakan bangunan tersebut bisa diselesaikan tujuh sampai 12 bulan ke depan. Diharapkan bangunan itu dapat segera difungsikan sehingga anak yatim dan duafa dapat cepat belajar menghafal Al-Quran serta belajar keahlian yang disediakan.

Ia menyampaikan bangunan tersebut merupakan sarana pendidikan pertama yang didirikan yayasan itu di Sumbar dan merupakan cikal bakal didirikannya SMP dan SMA Islam Terpadu Yayasan Arisal Aziz.

Untuk SMP dan SMA Islam Terpadu Yayasan Arisal Aziz rencananya akan dibangun di belakang bangunan pesantren tahfiz yang sekolah itu juga gratis untuk anak yatim dan kaum duafa.

Yayasan tersebut dalam beberapa tahun terakhir setiap bulannya fokus menyantuni anak yatim di Padang Pariaman. Selain itu juga menyalurkan zakat kepada kaum duafa dan guru mengaji.

Selain itu yayasan tersebut juga membangun masjid serta ikut membantu penanganan COVID-19 dengan membagikan masker serta beras kepada warga. Kegiatan terakhir yayasan tersebut selain menyalurkan santunan anak yatim juga menyalurkan kain sarung dan mukena kepada anak yatim serta guru mengaji.

Teks foto

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2022