Selain keamanan, polisi juga bantu warga terdampak banjir pindahkan barang berisiko rusak terkena air

id Kapolsek Koto Tangah AKP Afrino,banjir padang,berita padang,berita sumbar

Selain keamanan, polisi juga bantu warga terdampak banjir pindahkan barang berisiko rusak terkena air

Kapolsek Koto Tangah AKP Afrino (dua dari kiri) bersama jajaran menyambangi rumah warga terdampak banjir di Padang, Rabu (29/9) malam. (ANTARA/HO-PolsekKoto)

Padang, (ANTARA) - Jajaran Kepolisian Sektor Koto Tangah, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) ikut membantu memindahkan barang-barang warga terdampak banjir pada Rabu (29/9) malam.

"Kami beserta jajaran membantu warga memindahkan barang-barang agar terhindar dari air yang masuk ke dalam rumah," kata Kepala Kepolisian Sektor Koto Tangah AKP Afrino, saat ditemui langsung di lokasi banjir, Kamis.

Terutama, lanjutnya, barang-barang elektronik, bahan makanan, atau barang lain yang memiliki risiko kerusakan jika terkena air.

Afrino mengatakan ia beserta jajaran sengaja menyambangi langsung lokasi banjir di wilayah hukum Polsek Koto Tangah untuk pengecekan dan kontrol rumah warga terdampak.

Pihaknya menyambangi tiga titik yakni Perumahan Mega Permai 1 Kelurahan Padang Sarai, kemudian Simpang Kalumpang di Perumahan Jihad 1 Kelurahan Batipuh Panjang, terakhir adalah Perumahan Kampung Jambak

Genangan air di kawasan setempat telah mencapai ketinggian 50 centimeter dan "merangkak" masuk ke dalam rumah warga.

"Pengecekan ini guna memastikan kondisi terkini serta keamanan warga di tengah situasi banjir," jelas Afrino.

Dalam sambangan langsung itu polisi menyarankan kepada warga yang rumahnya terkena banjir agar mengungsi terlebih dahulu ke tempat aman.

Pihak kepolisian juga terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang dan instansi terkait lainnya jika ada warga yang butuh evakuasi.

Polsek Koto Tangah mengimbau masyarakat tetap berhati-hati saat curah hujan tinggi, terutama di kawasan rawan bencana. (*)