Untuk tingkatkan perekonomian, Solsel bagikan 140 ekor sapi untuk tujuh kelompok tani

id khairunas,program sapi keluarga,zigo rolanda,program sapi solok selatan

Untuk tingkatkan perekonomian, Solsel bagikan 140 ekor sapi untuk tujuh kelompok tani

Bupati Solok Selatan, Khairunas didampingi Wakil Bupati Yulian Efi dan Ketua DPRD setempat Zigo Rolanda menyerahkan sapi kepada masyarakat di Bulantiak, Selasa. (Antarasumbar/Erik Ifansya Akbar)

Bantuan sapi ini sebagai upaya dalam memajukan ekonomi masyarakat,
Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat membagikan 140 ekor sapi kepada tujuh kelompok tani untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Tahap pertama ada tujuh kelompok tani yang diberikan bantuan sapi dan kami berharap program ini jangan sampai gagal dan kepada camat, penyuluh serta wali nagari supaya mengontrol pelaksanaannya supaya bermanfaat bagi perekonomian warga," kata Bupati Solok Selatan, Khairunas di Padang Aro, Selasa.

Dia menyebutkan, program ini dijalankan dan akan dievaluasi terus perkembangannya karena ini merupakan pengalaman baru.

Tahun ini baru tujuh kelompok tani yang diberi sapi di luar bantuan pemerintah pusat maupun aspirasi beberapa anggota DPRD.

"Bantuan sapi ini sebagai upaya dalam memajukan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Apabila pada tahap pertama ini gagal, maka akan menjadi evaluasi bagi pemerintah daerah sebab program satu sapi satu KK merupakan visi misi kepala daerah.

Awalnya, program ini satu KK satu sapi tetapi ke depan akan disesuaikan dengan kondisi anggaran Pemkab sebab masih di masa pandemi.

Visi misi satu KK satu sapi, juga terintegrasi dengan pemerintah provinsi dan juga pusat sehingga masih banyak peluang bagi masyarakat.

Dia mengatakan, bantuan sapi tahap awal ini memang belum sempurna sehingga pada 2022 harus dipersiapkan lebih baik lagi dari sekarang baik segi sosialisasinya serta ketersediaan pakannya.

Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda mengatakan, ini merupakan program unggulan untuk perekonomian masyarakat sehingga harus dilakukan evaluasi dan juga inovasi.

"Selagi itu untuk kepentingan masyarakat kami akan terus dukung apalagi program ini langsung dirasakan oleh masyarakat," ujarnya.

Tujuh kelompok tani yang memperoleh bantuan sapi tersebut yaitu Maju bersama Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Karya Maju Kecamatan Sungai Pagu, Suka Damai Pauh Duo, Sarumpun Saiyo Kecamatan Sangir jenis peranakan onggole.

Selanjutnya Ranah Bukik Taeh Kecamatan Sangir Jujuan, Abai Sejahtera Kecamatan Sangir Batang Hari dan Bukit Batu Maju Sangir Balai Janggo jenis Sapi Bali.

Bantuan 140 ekor sapi merupakan hasil dari refocusing anggaran sebesar Rp2,8 miliar dan setiap kelompok mendapatkan 20 ekor sapi.

Selain membeli 140 ekor sapi, anggaran Rp2,8 miliar juga dipergunakan untuk pelayanan kesehatan hewan seperti obatan serta asuransi ternak dan bantuan bahan kandang.