Empat pelajar Sumbar ikuti program Parlemen Remaja

id DPRD Sumbar,Parlemen Remaja,Sumbar

Empat pelajar Sumbar ikuti program Parlemen Remaja

Empat pelajar Sumatera Barat mengikuti program Parlemen Remaja 2021 (ANTARA/Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Empat pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Sumatera Barat mengikuti kegiatan Parlemen Remaja 2021 yang digelar oleh DPR RI yang bertujuan memberikan pembelajaran politik kepada generasi muda dengan cara menjadi anggota DPR RI selama lima hari.

Keempat pelajar yang beruntung itu adalah Aldi Rahmat dari SMAN 1 Pasaman, Aisyah Zharfania Qinthara dari SMAN 3 Padang, Nindi Janetri Jafri dari SMAN 3 Painan, Qurratul Hilma dari MAN 2 Payakumbuh saat ditemui di Rumah Dinas Ketua DPRD Sumbar di Padang, Kamis (16/9).

Salah seorang peserta Aisyah mengatakan mereka akan merasakan simulasi menjadi Anggota DPR RI selama 5 hari dan telah melakukan berbagai kegiatan Parlemen Remeja secara daring sejak Senin (13/9), hingga Jumat (17/9) di rumah dinas Ketua DPRD Sumbar.

Ia mengatakan dalam kegiatan ini mereka merasakan bagaimana menjadi anggota DPR RI mulai dari menampung aspirasi masyarakat, rapat komisi, hingga kunjungan kerja.

"Ternyata tidak mudah untuk menjadi seorang dewan, dimana intensitas kerja sangat tinggi. Bagaimana menyerap aspirasi hingga menyusun Rancangan Undang-Undang (RUU)," kata dia

Sementara itu Aldi menambahkan motivasi ikut Parlemen Remaja DPR RI, untuk mencari hal baru dan menambah pengetahuan semasa muda untuk bekal masa depan. Kegiatan itu juga untuk menambah wawasan dan meningkatkan pengetahuan, khususnya bidang politik.

“Ke depan tujuannya sebagai upaya menambah wawasan dan relasi untuk masa depan,” kata dia.

Sementara itu Hilma mengatakan menjadi anggota Parlemen Remaja DPR RI tidak mudah, karena bersaing dengan pelajar di se-Indonesia.

Peserta yang ikut seleksi mencapai 5.438 orang dari 80 daerah pemilihan (Dapil) di Indonesia dan setelah dilakukan seleksi, terpilih 131 peserta dengan nilai terbaik masing-masing provinsi.

Selanjutnya Nindi mengatakan proses seleksi sendiri harus mencantumkan CV dan mengirim video layaknya berkampanye sebagai calon anggota dewan. Pemilihan empat siswa perwakilan Sumbar juga dilakukan per daerah pemilihan di Pileg Sumbar.

Para siswa ini menceritakan tujuan kegiatan ini adalah memasyarakatkan fungsi dan peranan DPR-RI kepada remaja sebagai generasi penerus bangsa. Memberikan pemahaman kepada siswa tentang proses pembuatan kebijakan publik di parlemen. Lalu meningkatkan pemahaman tentang proses demokrasi di Indonesia melalui pelaksanaan simulasi parlemen.

Pembukaan program ini, dipimpin langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Peserta juga melakukan zoom metting bersama pakar penyiaran Helmi Yahya. “Kami mengetahui bagaiaman kerja dari anggota DPR RI.

"Kami juga melakukan kunjungan kerja, dan rapat-rapat. Namun semuanya dilakukan virtual,” kata mereka semangat.

Keempat siswa ini menyampaikan apresiasi atas kepedulian Ketua DPRD Sumbar Supardi yang memfasilitasi berbagai kebutuhan mereka. Mulai dari peralatan rapat virtual, hingga akomodasi menginap dan lainnya.

Ketua DPRD Sumbar Supardi mendukung program Parlemen Remaja tahun 2021 yang dicetus DPR RI. Supardi saat memberikan pengarahan pada peserta di rumah dinasnya.

Ia mengatakan memupuk diri untuk menjadi seorang negarawan, mesti dimulai dari saat remaja. Rangkaian program yang dilalui para siswa, akan meningkatkan minat dalam mengenal dunia politik, dimana sebagian dari mereka ada yang apatis.

Seorang politikus, akan melalui banyak tahapan hingga berada pada titik menjadi seorang perwakilan masyarakat di parlemen.

”Dengan adanya program ini, akan meminimalisir hadirnya politikus karbitan di parlemen. Siswa yang mengikuti program adalah benih-benih yang memiliki bekal untuk terjun pada dunia politik,” katanya.

Dia menambahkan setiap siswa yang mengikuti program Parlemen Remaja tahun 2021 akan ditanamkan nilai kebangsaan, kepahlawanan hingga mengetahui langsung bagaimana pola kerja legislatif. “Kita berupaya membantu kebutuhan siswa ini dengan baik. Fasilitasi ini bentuk apresiasi dewan dalam mendukung pembinaan para remaja dalam dunia politik,” katanya.

Sebelumnya Ketua DPR RI Puan Maharani secara resmi membuka rangkaian acara Parlemen Remaja tahun 2021 yang ditandai dengan pengetukan palu sidang, Senin (13/9).

Puan mengungkapkan melalui kegiatan simulasi nantinya segenap peserta Parlemen Remaja dapat mengetahui seluruh kinerja DPR RI.

Pemaparan tersebut disampaikan Puan dalam sambutan resmi pembukaan Parlemen Remaja 2021 yang digelar secara full virtual dengan tema Remaja di Era Kebebasan Informasi: Siaran Berkualitas, Masyarakat Cerdas.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021