Arsenal permanenkan Martin Odegaard dari Real Madrid

id Martin Odegaard,Arsenal,Real Madrid,Liga Premier Inggris,Liga Inggris,transfer pemain

Arsenal permanenkan Martin Odegaard dari Real Madrid

Gelandang timnas Norwegia Martin Odegaard. (AFP/JORGE GUERRERO)

Jakarta (ANTARA) - Arsenal akhirnya merampungkan transfer Martin Odegaard secara permanen dari Real Madrid, demikian laporan Sky Sports pada Jumat.

The Gunner sepakat mendatangkan Odegaard senilai 30 juta poundsterling (Rp591 miliar) ditambah bonus empat juta poundsterling (Rp78 miliar).

Pemain timnas Norwegia tersebut telah berada di London, Rabu waktu setempat, untuk menjalani tes medis setelah kedua klub mencapai kesepakatan.

Odegaard menghabiskan paruh kedua musim lalu di Arsenal dengan status pinjaman setelah gagal menembus tim utama Real Madrid di bawah asuhan Zinedine Zidane.

Gelandang kreatif berusia 22 tahun tersebut telah tampil 20 kali untuk Arsenal dalam semua kompetisi, dengan salah satu dari dua golnya tercipta saat menang dalam derby London utara atas Tottenham pada Maret.

Pemain yang akan mengenakan nomor punggung delapan itu kemungkinan tidak bisa diturunkan untuk pertandingan melawan rival sekota Chelsea lusa pukul 22.30 WIB.

Odegaard melakukan debut profesionalnya untuk klub Norwegia Stromsgodset pada 2014 saat berusia 15 tahun.

Dia kemudian pindah ke Real Madrid setahun kemudian dan menjadi pemain termuda mereka.

Namun, dia kesulitan mendapatkan waktu bermain dalam tim utama Real dan harus dipinjamkan ke Heerenveen, Vitesse dan Real Sociedad sebelum bergabung dengan Arsenal.

Dalam enam tahun di Bernabeu, Odegaard hanya tampil 11 kali untuk tim utama dan dia bukan bagian dari rencana pelatih baru Carlo Ancelotti musim ini.