Bentuk pengabdian pada masyarakat, 15 anggota Pramuka Lapas Pariaman bersihkan Pantai Gandoria

id berita pariaman,berita sumbar,goro

Bentuk pengabdian pada masyarakat, 15 anggota Pramuka Lapas Pariaman bersihkan Pantai Gandoria

Sejumlah warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Kota Pariaman, Sumbar yang tergabung ke dalam Pramuka lembaga tersebut mengangkat dahan pohon yang baru dipotong kawasan objek wisata Pantai Gandoriah ke atas truk, Jumat. (Antarasumbar/Aadiaat M. S. )

Kami ingin berkontribusi positif untuk Kota Pariaman,
Pariaman (ANTARA) - 15 orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Kota Pariaman, Sumatera Barat yang tergabung ke dalam Pramuka lembaga tersebut membersihkan kawasan objek wisata setempat sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat.

"Kami ingin berkontribusi positif untuk Kota Pariaman. Kebetulan Pemerintah Kota Pariaman lagi goro, ya langsung saja ikut," kata Kepala Lapas Klas II B Pariaman, Eddy Junaedi saat pelaksanaan kegiatan, Jumat.

Ia mengatakan pengabdian dari warga binaan melalui Pramuka tersebut merupakan yang pertama dilakukan oleh Lapas Pariaman yang pastinya dilaksanakan dengan pengawasan ketat.

Ia menjelaskan anggota Pramuka Lapas Klas II B Pariaman merupakan warga binaan yang dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan pihaknya di antaranya hukuman yang dihadapi tidak tinggi.

Selain pembinaan melalui Pramuka, lanjutnya pihaknya juga melaksanakan kegiatan pembinaan keagamaan, olahraga, dan kesenian terhadap warga binaan.

Bahkan pihaknya beberapa bulan lalu melaksanakan turnamen voli dan futsal serta lomba menyanyi antar napi guna menjalin keakraban serta memberikan hiburan selama menjalankan masa tahanan.

"Kami juga ingin menggandeng pihak ketiga untuk pembinaan seperti Wali Kota Pariaman akan menyediakan pelatih khusus terkait teknis kepramukaan," katanya.

Ia berharap pihaknya bisa mengikuti sejumlah kegiatan Pemkot Pariaman serta anggota Pramuka Lapas Pariaman bisa diikutsertakan pada kegiatan Pramuka di kota itu.

Sementara Wali Kota Pariaman Genius Umar pihaknya rutin melaksanakan membersihkan kawasan objek wisata di daerah itu untuk mewujudkan rasa nyaman di destinasi wisata.

"Kali ini kami beruntung karena dibantu oleh warga binaan yang tergabung ke dalam Pramuka untuk membersihkan kawasan wisata dan menata pedagang," ujarnya.

Adapun lokasi yang ikut dibersihkan oleh anggota Pramuka Lapas Pariaman yaitu Pantai Gandoriah yang merupakan salah satu objek wisata unggulan di daerah itu.