31.180 calon mahasiswa pada jalur SBMPTN mendaftar di UNP

id unp,sbmptn

31.180 calon mahasiswa pada jalur SBMPTN mendaftar di UNP

Gedung Rektorat Universitas Negeri Padang (UNP) di Padang. (ANTARA/HO-HUmas UNP)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang mengalami peningkatan peminat calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur SBMPTN yakni mencapai 31.180 orang, sementara total yang diterima 3.796 orang.

Rektor UNP Prof Ganefri, Ph.D di Padang, Sabtu mengatakan suasana pandemi tidak menyurutkan calon mahasiswa untuk memilih UNP sebagai Perguruan Tinggi pilihannya dalam SBMPTN.

"Alhamdulillah, kita sudah luluskan 3.796 orang dari 31.180 peserta artinya tingkat keketatannya cukup tinggi, ada program studi yang tingkat keketatannya hampir 3 persen. Misal, dari 100 peserta hanya diterima 3 orang," sebutnya.

Dalam rekap yang berhasil dihimpun Unit PTIK UNP, terdapat beberapa program studi (Prodi) yang paling diminati oleh calon mahasiswa yang berasal dari seluruh Indonesia.

Prodi itu antara lain Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Manajemen, Ilmu Administrasi Negara, Psikologi, Akuntansi, Teknik Pertambangan, Teknik Sipil, Pendidikan Teknik Informatika, Informatika dan Manajemen Perhotelan.

Kemudian disamping itu ada lima prodi yang memiliki keketatan yang tinggi dalam menerima mahasiswa, yakni Prodi Informatika, Manajemen, Teknik Sipil, Teknik Pertambangan dan Perpustakaan dan Ilmu Informasi.

Ia menyampaikan UNP juga menyediakan beasiswa bagi anak-anak yang tidak beruntung dari sisi ekonomi tapi punya kemampuan akademik yang baik.

Lebih lanjut ia mengatakan, di UNP setiap tahun di berikan beasiswa oleh Pemerintah sebanyak 2200 orang, mereka digratiskan uang kuliah, dikasih uang saku Rp700 ribu setiap bulan selama 4 tahun.

"Kalau ada anak kurang mampu punya prestasi baik bisa sampaikan pada kami mereka tentu bisa masuk melalui UNP karena di UNP masih ada dibuka seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur Mandiri dan Prestasi" ucapnya.

Untuk pendaftaran calon mahasiswa jalur Mandiri, DIII, dan Prestasi saat ini masih berlangsung, UNP direncanakan akan menerima hampir tiga ribu orang.

Mengenai info pendaftaran calon peserta Jalur mandiri bisa mengaksesnya melalui website https://spmb.unp.ac.id/mandiri/registrasi/ dan Program DIII https://spmb.unp.ac.id/d3/registrasi/.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar