UNP gelar PKKMB jalur SBMPTN secara daring diikuti 3.487 peserta

id berita padang,berita sumbar,unp

UNP gelar PKKMB jalur SBMPTN secara daring diikuti 3.487 peserta

Rektor UNP Prof Ganefri saat membuka kegiatan PKMMB jalur SBMPTN secara daring, Senin. (Antarasumbar/Humas UNP Padang)

Insya Allah, Pemerintah akan beri subsidi pulsa atau paket data untuk mengikuti perkuliahan secara daring,
Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) jalur masuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) diikuti sebanyak 3.487 peserta secara daring, Senin.

Rektor UNP, Prof Ganefri, Ph.D di Padang, Senin, mengapreasiasi mahasiswa yang telah memilih UNP dan diterima sebagai mahasiswa baru. Rektor UNP juga menyampaikan untuk perkuliahan Juli-Desember 2021 masih melaksanakan kuliah daring.

“Insya Allah, Pemerintah akan beri subsidi pulsa atau paket data untuk mengikuti perkuliahan secara daring. Nanti akan ada pembekalan khusus bagi mahasiswa yang akan mengikuti perkuliahan secara daring," ucap Rektor.

Sementara Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan, Drs Hendra Syarifudin, Ph.D, menyampaikan dalam laporannya bahwa jumlah peserta PKKMB UNP 2021 yakni 9.472.

Jumlah tersebut terbagi dalam empat jalur yakni jalur masuk SNMPTN sebanyak 2.194, jalur SBMPTN sebanyak 3.487, jalur Mandiri 2.669, dan jalur D3 sebanyak 1.124 mahasiswa.

Narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, M.B.A dalam sambutannya menyampaikan keunggulan program kampus merdeka yakni mahasiswa tidak perlu megorbankan masa studi.

Perguruan tinggi diwajibkan untuk menerapkan transfer kredit dengan hitungan 20 SKS untuk setiap program kampus merdeka. Selain itu, melalui kerjasama Kemendikbudristek dengan LPDP, mahasiswa mendapatkan uang saku selama mengikuti kampus merdeka.

“Manfaatkan masa kuliah kalian untuk mengenal diri, membangun jembatan untuk meraih mimpi dan berkontribusi untuk dunia. Mari bergerak serentak bersama mewujudkan merdeka belajar,” kata dia.

Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Drs Toni Harmanto, M.H mengharapkan agar mahasiswa baru UNP bisa menjadi duta COVID-19 dengan terus mengelorakan semangat tentang bahaya COVID-19 diseluruh masyarakat dan lingkungan kampus.

Ia menyampaikan kegiatan ini dapat dijadikan sebagai bentuk pola koordinasi untuk menguatkan rasa cinta tanah air dan kepedulian terhadap lingkungan dan menciptakan generasi yang berkarakter, religius, mandiri, gotong-royong, dan berintegritas.

“Semoga kegiatan ini menjadi wahana penanaman lima program revolusi mental yakni Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu,” ucapnya.

PKKMB SBMPTN kali ini menghadirkan narasumber di antaranya Kapolda Sumbar,Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H, Mantan Ketua BNPT Komjen Pol (Purn) Drs Suhardi Alius, M.H yang saat ini menjadi Komisaris Utama PT. Taspen.

Kemudian, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang yang diwakili oleh Kasi Promosi Kesehatan dan Gizi, Ismul Azan, SKM dan pembicara internal dari UNP seperti WR I dan III, Kepala UPT PKK, Ketua Satgas Covid-19, Tim PTIK, Dekan dan WD III di masing-masing fakultas serta dari unsur BEM UNP.