3.292 calon mahasiswa baru UNP diterima lewat jalur SBMPTN

id UNP, mahasiswa baru, wakil rektor, sbmptn, kip, ukt

3.292 calon mahasiswa baru UNP diterima lewat jalur SBMPTN

Wakil Rektor I UNP Dr. Refnaldi, M.Litt (ist)

Padang (ANTARA) - Dari beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru di Universitas Negeri Padang, sebanyak 3292 calon mahasiswa baru dinyatakan lulus mengikuti jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK-SBMPTN).

Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, M.Litt di Padang pada Selasa mengatakan bahwa penerimaan mahasiswa baru di UNP terbagi menjadi tiga jalur yaitu jalur SNMPTN sebanyak 30 persen, jalur UTBK-SBMPTN sebanyak 40 persen, dan sisanya melalui jalur Mandiri dan Prestasi maksimum 30 persen.

“Untuk jalur SNMPTN telah kami terima sebanyak 1962 orang, dan untuk jalur Mandiri dan Prestasi pendaftarannya masih dibuka hingga tanggal 21 Agustus,” ungkapnya.

Sementara itu bagi calon mahasiswa baru yang sudah dinyatakan lulus jalur SBMPTN dapat melakukan pendaftaran ulang mulai hari ini sampai pada tanggal 21 Agustus pukul 16.00 WIB secara online melalui website https://spmb.unp.ac.id/biodata.

Pada website tersebut calon mahasiswa baru diminta mengisi borang biodata dan mengunggah dokumen pendukung.

Dokumen tersebut adalah surat keterangan atau bukti penghasilan orang tua atau wali, kartu keluarga (KK), bukti pembayaran rekening listrik, rekening air (bagi sumber air dari PDAM), pembayaran PBB, STNK dan pajak kendaraan bagi yang memiliki kendaraan. Kemudian surat keterangan tidak mampu, KIP, atau BSM (jika ada).

Untuk penetapan penerima beasiswa (bagi pengusul KIP kuliah) ditentukan setelah lulus verifikasi. Bagi yang tidak lulus verifikasi wajib membayar UKT sesuai peraturan yang berlaku.

Besaran UKT dapat dilihat pada tanggal 25 Agustus 2020 pada laman https://spmb.unp.ac.id/hasil-verifikasi. Setelah itu dapat melakukan pembayaran UKT dari tanggal 25- 31 Agustus 2020.

Selanjutnya, pendaftaran Prasireg dan KRS online untuk semua mahasiswa jalur SBMPTN (UKT dan KIP Kuliah) dilakukan diluar kampus UNP tanggal 25 Agustus sampai 1 September 2020 dan khusus untuk KRS semester 1 dan 2 diisikan oleh admin program studi.

Kemudian, ketentuan lain bagi mahasiswa baru yang lulus SBMPTN yang mengundurkan diri atas kemauan sendiri maka semua pembayaran yang sudah disetorkan tidak dapat ditarik kembali.

Mahasiswa baru wajib mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dari tanggal 3 sampai 5 September 2020.
Kampus Univesitas Negeri Padang (Ist)