UNP laksanakan PKKMB SBMPTN secara daring, diikuti 2.993 mahasiswa

id UNP, pengenalan kampus, sistem daring, mahasiswa baru, sumbar terkini

UNP laksanakan PKKMB SBMPTN secara daring, diikuti 2.993 mahasiswa

Rektor UNP Prof. Ganefri (Antara/ist)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) jalur SBMPTN tahun 2020 yang dilaksanakan secara daring mulai pada 3-7 September, diikuti sebanyak 2.993 mahasiswa.

PKKMB saat ini merupakan tahap kedua, karena tahap satu untuk jalur undangan sudah selesai dilaksanakan pada awal Agustus 2020, sedangkan untuk jalur Mandiri direncanakan pada tanggal 10-11 September serta jalur DIII pada 12-13 September 2020, jelas Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D. melalui Wakil Rektor III Drs. Hendra Syarifudin, M.Si., Ph.D di Padang, Kamis.

“PKKMB jalur SBMPTN tahap ini diikuti oleh sebanyak 2.993 mahasiswa baru yang mana pelaksanaannya dibagi menjadi empat hari sehinga dalam satu hari ada sekitar 700 mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut,” katanya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan tersebut dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kapolda Sumatera Barat, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur, Wakil Dekan, Asisten Direktur, Ketua Lembaga, Kepala Pusat, Kepala Biro, dan pimpinan Ormawa di Universitas Negeri Padang.

Selamat datang pada kegiatan PKKMB SBMPTN hari pertama yang dilakukan oleh mahasiswa baru.

“Melalui pembekalan yang diberikan dalam kegiatan PKKMB, proses adaptasi dengan lingkungan yang baru mahasiswa diharapkan dapat dengan cepat menyesuaikan diri di UNP,” katanya.

Namun, tambahnya pelaksanaan yang dilakukan secara daring mempunyai tentu ada kelemahan, yakni mahasiswa tidak bisa melihat keadaan kampus yang sesungguhnya. Mahasiswa hanya bisa mendapatkan pembekalan melalui ceramah slide yang dipresentasikan.

Walaupun demikian Rektor berharap mahasiswa baru bisa mempelajari materi-materi tersebut dengan maksimum.

Dalam kegiatan PKKMB Wakil Rektor III memberikan pembahasan mengenai tujuan PKKMB yang telah digariskan secara nasional dan semua perguruan tinggi yang melaksanakan kegiatan itu harus menyusun kegiatannya mengacu ke tujuan tersebut.

"Ada tujuh tujuan yang ditetapkan Kementerian berkaitan dengan pelaksanaan PKKMB ini yang pertama yaitu menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara dan belanegara serta peduli lingkungan dan masyarakat," katanya.

Kemudian kedua memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan civitas akademika di perguruan tinggi dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan.

Ketiga, memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, dan lingkungan sekitar.Keempat, mewujudkan kampus yang ramah, nyaman dan sehat.

Kelima, memperkenalkan kiat sukses belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi melalui konsepsi dan praktek merdeka belajar.

Keenam, merancang hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab. Ketujuh, mewujudkan mahasiswa menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini dimulai dari pukul 07.30 WIB sampai 17.30 WIB yang mana mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari berbagai provinsi bahkan ada yang dari Papua.