Futsal Kota Padang targetkan medali emas Porprov Sumbar 2021

id Futsal,Padang,Proprov,olahraga

Futsal Kota Padang targetkan medali emas Porprov Sumbar 2021

Ketua Afkot Padang Ipda Roni Sulriendi (tengah) bersama jajaran pengurus saat rapat pembentukan pengurus (ANTARA/ HO Afkot Padang)

Padang, (ANTARA) - Asosiasi Futsal Kota (Afkot) Padang Sumatera Barat menargetkan tim futsal kota itu meraih medali emas dalam gelaran Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Sumbar XVI pada 2021.

Ketua Afkot Padang Ipda Roni Sulriendi di Padang, Kamis mengatakan target itu ditetapkan dalam rapat perdana pembahasan program kerja Exco dan pengurus.

Menurut dia medali emas futsal yang diraih di Porprov XIV/2016 lepas sewaktu Porprov XV/2018 lalu dan ini yang menjadi target utama untuk direbut kembali pada Porprov XVI nanti.

Ia mengatakan untuk merealisasikan target tersebut ia meminta semua Exco dan pengurus satu visi dan misi, memelihara kekompakan menjalankan program kerja organisasi.

Selain itu fokus organisasi juga terkait program pengembangan kapasitas Afkot Padang selaku organisasi cabang olahraga futsal.

Menurut dia futsal memang berada di dalam induk organisasi sepak bola, tapi fokus Afkot adalah mengelola dan menjalankan cabor futsal dengan segala aspeknya.

Mulai dari penataan klub futsal amatir di Kota Padang dan menggelar kompetisi rutin tahunan untuk mereka. Serta pengembangan SDM futsal itu sendiri, baik pelatih maupun pemain.

"Afkot Padang harus jelas arah dan tujuannya dan kita sepakat muaranya prestasi. Saya minta Exco dan pengurus di bidang masing-masing, punya program yang dan terukur dan targetnya prestasi pemain maupun klub-klub anggota," katanya.

Ia mengatakan keberadaan Afkot Padang telah resmi dan legal dan terafiliasi di dalam Askot PSSI Padangserta disahkan dan ditetapkan resmi oleh SK AFP Sumbar.

Sementara itu Exco Futsal Askot PSSI Padang Satria Welli menjelaskan keberadaan Afkot fungsi dan tugasnya membantu PSSI Padang dalam mengelola cabang olahraga futsal.

"Cabor futsal kan adik dari sepak bola dan keduanya adalah cabang olahraga di tubuh PSSI. Tapi, guna meringankan kerja para pengurus, dalam hal ini tentu lebih banyak porsi ke sepak bola. Telah dibentuk pula struktur yang fokus mengurus futsal. Terafiliasi dan intinya saling mendukung," ucap Satria.

Ia mengatakan sejak tahun lalu, tim Kota Padang telah memiliki pemain, kerangka tim yang sudah menjalankan program latihan.

"Dengan legalitas Afkot Padang, saya sebagai Exco Futsal PSSI Padang akan serah terima kepada pengurus yang telah terbentuk. Tetapi, saya tetap mendampingi dan saling bersinergi dengan kepengurusan Afkot Padang," tuturnya.

"Pun dengan program kerja lainnya, terkait pengembangan cabor futsal di Kota Padang," tukasnya.

Selain Roni dan Satria, hadir dalam rapat perdana kepengurusan Afkot Padang 2020-2024, yaitu jajaran Exco: April, Doni Rusliansyah, Adril Mahaputra. Sedangkan Wakil Ketua Anton Komaini dan Exco lainnya, Zulmaidi Ben dan Yodi Syawal mengikuti secara daring.