Ini saran Pemkot Padang agar warga terhindar dari penumpukan di pusat perbelanjaan dan antisipasi kenaikan harga

id berita padang,berita sumbar,harga

Ini saran Pemkot Padang agar warga terhindar dari penumpukan di pusat perbelanjaan dan antisipasi kenaikan harga

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Andree Algamar. (Antarasumbar/Ikhwan Wahyudi)

Dulu sepekan sebelum Lebaran harga-harga sudah merangkai naik, sekarang alhamdulillah tetap stabil dan terkendali,
Padang (ANTARA) - Pemerintah kota (Pemkot) melalui Dinas Perdagangan Kota Padang menyarankan warga berbelanja kebutuhan Lebaran terutama bahan pangan lebih awal mencegah lonjakan harga pada hari terakhir Ramadhan.

"Selain mencegah penumpukan di pusat perbelanjaan juga untuk mengantisipasi jika terjadi kenaikan harga pada H-1 Idul Fitri 1422 Hijriah," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Andree Algamar di Padang, Rabu.

Menurutnya hingga saat ini harga sejumlah komoditas bahan pokok di Padang terpantau stabil dan hanya ada sedikit kenaikan pada ayam potong dan bawang merah.

"Dulu sepekan sebelum Lebaran harga-harga sudah merangkai naik, sekarang alhamdulillah tetap stabil dan terkendali," kata dia.

Terkait dengan antisipasi keramaian di pusat perbelanjaan dan pasar-pasar Andree mengatakan pihaknya akan mengumpulkan pengelola mall dan swalayan untuk bersama-sama menegakan komitmen menerapkan protokol kesehatan.

"Pasar dan pusat perbelanjaan harus ramai tapi syaratnya satu yaitu disiplin menerapkan protokol kesehatan," kata dia.

Ia menilai antara pencegahan COVID-19 dengan upaya meningkatkan perekonomian harus berjalan seimbang.

"Jika terlalu dibatasi ada 2.000 lebih UKM di Padang yang terancam gulung tikar, kan kasihan, jadi solusinya jalan tengah aktivitas ekonomi tetap jalan tapi tegakan protokol kesehatan," kata dia.

Pada sisi lain ia menilai jika masyarakat abai terhadap protokol kesehatan maka penambahan kasus baru menjadi naik dan pada akhirnya Padang bisa berstatus zona merah.

"Kalau sudah zona merah akan lebih repot lagi karena akan ada banyak pembatasan yang merugikan banyak pihak, oleh sebab itu mari bersama taat aturan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan untuk kebaikan bersama," katanya.

Berdasarkan pantauan pada 4 Mei 2021 di Pasar Raya Padang harga cabai turun dari Rp28 ribu menjadi Rp26 ribu per kilogram, bawang merah naik dari Rp32 ribu per kilogram menjadi Rp28 ribu, gula pasir Rp13 ribu per kilogram, minyak goreng Rp14 ribu per liter dan telur ayam ras Rp28.800 per kilogram.