Gubernur Sumbar luncurkan operasional KMP Tanjung Burang rute Padang-Mentawai

id KMP Tanjung Barung,Mahyeldi

Gubernur Sumbar luncurkan operasional KMP Tanjung Burang rute Padang-Mentawai

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah meninjau KMP Tanjung Burang yang akan melayari Padang-Mentawai, Jumat (16/4/2021) ANTARA/HO-Humas Sumbar

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah meluncurkan operasional kapal angkutan penyeberangan KMP Tanjung Burang di Pelabuhan Bungus, Jumat dalam upaya percepatan, pemerataan dan konektifitas transportasi laut Padang-Mentawai.

"Penambahan sarana transportasi laut ini sejalan dengan visi misi Pemprov Sumbar untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pergerakan orang dan barang terutama konektifitas ke Kepulauan Mentawai," katanya di Padang, Jumat.

Ia berharap dengan penambahan satu unit Kapal Angkutan Penyeberangan KMP. Tanjung Burang ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Mentawai.

"Dengan beroperasinya KMP Tanjung Burang maka frekuensi konektifitas kapal penyeberangan ke Mentawai akan bertambah. Sebelumnya sudah ada KMP Gambolo dan KMP Ambu Ambu. Sekarang setiap hari akan selalu ada kapal penyeberangan tersedia ke Mentawai," katanya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi kinerja dari Pemkab Mentawai, Dinas Perhubungan Provinsi, Kementerian Perhubungan melalui BPTD sebagai satuan kerjanya di wilayah Provinsi Sumatera Barat dan juga pihak PT ASDP Indonesia Ferry Persero sebagai operator kapal yang membuahkan hasil sinergi bersama, yaitu penambahan satu unit Kapal Angkutan Penyeberangan KMP Tanjung Burang.

Mahyeldi menyebut sejak aset Pelabuhan Penyeberangan Teluk Bungus diserahkan kepada Kementerian Perhubungan, sudah banyak perkembangan pembangunan sisi laut. Pembangunan dermaga dua tahun lalu telah dilakukan pembangunan tahap satu. Juga perbaikan moving bridge. Tahun ini sedang berlangsung pembangunan lanjutan dermaga II tahap dua yang rencananya selesai tahun depan.

"Semoga sinergisitas yang berjalan dengan baik ini dapat lebih ditingkatkan sehingga kita dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, mewujudkan transportasi yang berkeselamatan, aman, nyaman bagi masyarakat Sumbar," katanya.

Ia mengatakan awalnya KMP Tanjung Burang ini memang melayani trayek Padang Mentawai, namun ke depan tidak tertutup kemungkinan dapat juga melayani penyeberangan antar pulau yang ada di Kepulauan Mentawai.

Pada kesempatan yang sama Mahyeldi meninjau kelaikan kapal KMP Tanjung Burang didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus, Kepala KSOP Teluk Bayur, GM PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Padang dan sejumlah undangan lainnya.