Puskesmas Tanjung Paku Solok jadi percontohan di tingkat Sumbar

id Puskesmas Tanjung Paku, Solok, terpilih, jadi percontohan, di tingkat Sumbar

Puskesmas Tanjung Paku Solok jadi percontohan di tingkat Sumbar

Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra saat memberikan kata sambutan (ANTARA/HO-Prokomp Solok)

Solok (ANTARA) - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kelurahan Tanjung Paku, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok terpilih menjadi salah satu puskesmas percontohan di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra di Solok, Senin, mengapresiasi prestasi Puskesmas Tanjung Paku yang terpilih menjadi salah satu puskesmas percontohan di tingkat Provinsi Sumbar.

"Ini juga bisa dilihat dari indeks keluarga sehat kita nomor dua tingkat provinsi," ujar Dhani saat menyambut kunjungan Tim Surveyor Reakreditasi ke Puskesmas Tanjung Paku.

“Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan tingkat pertama menjadi ujung tombak Dinas Kesehatan kabupaten dan kota dalam memenuhi standar pelayanan minimal bidang kesehatan," kata dia.

Dengan demikian, kata dia, kinerja puskesmas akan berpengaruh langsung terhadap kinerja Dinas Kesehatan kabupaten dan kota serta pemerintah daerah setempat.

Menurut dia, pelayanan kesehatan di puskesmas yang berkualitas memegang peranan penting dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah sebagai pelayan publik yang merupakan salah satu pilar dalam memenuhi tuntutan reformasi birokrasi.

"Untuk peningkatan mutu pelayanan tersebut dapat melalui akreditasi puskesmas," ucapnya.

Survei Akreditasi dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan puskesmas ini sesuai dengan Permenkes Nomor 34 Tahun 2022 tentang Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat, Klinik, Laboratorium Kesehatan, Unit Transfusi Darah, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi.

"Hari ini akan menjadi pengalaman bagi Puskesmas Tanjung Paku, apapun yang didapat dari hasil survei oleh tim surveyor adalah hal terbaik yang telah diupayakan oleh puskesmas, dinas dan pemangku kepentingan yang terkait," kata dia.

Ia berharap akreditasi ini dapat menjadi motivasi untuk terus memacu peningkatan pelayanan puskesmas.

Pemerintah Kota Solok akan selalu mendukung dalam penilaian akreditasi Puskesmas Tanjung Paku ini. Ia menyatakan bangga pada Puskesmas Tanjung Paku yang menjadi percontohan.

"Kami sangat apresiasi dan bangga pada Puskesmas Tanjung Paku, karena pada tahun 2023 dalam survei kepuasan pelayanan Puskesmas Tanjung Paku merupakan nilai tertinggi dalam survei ini," katanya.

Sebelumnya Puskesmas Tanjung Paku dalam reakreditasi dapat predikat paripurna. Ia berharap dengan keberhasilan dan pelayanan publik yang terbaik bisa mempertahankan predikat paripurna.

"Kemudian kita juga mendukung percepatan penurunan stunting dengan program Bapak Asuh. Selain itu, juga ada perda rokok di mana warga yang berhenti merokok mendapatkan penghargaan," katanya.