Lansia dan aparatur pelayan publik mulai divaksin di Padang

id vaksinasi covid, berita padang, berita sumbar

Lansia dan aparatur pelayan publik mulai divaksin di Padang

Pelaksanaan vaksinasi tahap II di Puskesmas Rawang Padang, Minggu (28/2) (Antara/HO) (Antara/HO)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang memulai vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat khususnya lansia dan aparatur pelayan publik setelah sebelumnya dilakukan kepada tenaga kesehatan.

Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Minggu mengatakan vaksinasi tersebut merupakan upaya konkret pemerintah melindungi masyarakat dari penyebaran COVID-19 yang masih mewabah.

Ia menyampaikan itu pada peluncuran vaksinasi perdana untuk tahap kedua diperuntukkan bagi masyarakat kategori lanjut usia ( di atas 60 tahun dan juga aparat pelayan publik di Puskesmas Rawang

Vaksinasi ditujukan untuk lansia dan aparat pelayan publik yang ada di tiga Kelurahan di Kecamatan Padang Selatan yakni Kelurahan Rawang, Teluk Bayur dan Air Manis.

Wawako berharap warga yang telah divaksin senantiasa sehat dan mengikuti observasi selama dua bulan hingga akhirnya diberikan sertifikat vaksin.

"Insya Allah, setelah ini vaksinasi akan dilanjutkan ke semua kelurahan di 11 kecamatan di Kota Padang," kata dia.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Padnag Ferimulyani Hamid ini merupakan vaksinasi perdana dilakukan untuk tahap kedua atau kategori lansia dan aparat pelayan publik di Sumbar.

Untuk kategori aparat pelayan publik diantaranya guru, dosen, pedagang pasar, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, pegawai pemerintah, TNI, Polri, Satpol PP, perangkat desa, BUMN, BUMD, pemadam kebakaran, transportasi publik, atlet, wartawan, dan pelaku sektor pariwisata.

Sasaran vaksinasi di Puskesmas Rawang sebanyak 5.000 orang lansia. Selain itu pihaknya juga akan melakukan vaksinasi kepada pedagang di Pasar Raya Padang dengan menargetkan sebanyak 5.000 orang.

Ia menyebutkan hingga saat ini vaksinasi tahap I bagi para tenaga kesehatan sudah diberikan kepada 9.128 orang dengan capaiannya 103 persen atau melebihi target yang ditentukan.

"Sementara bagi nakes yang belum divaksinasi tetap terus dilakukan," ujarnya.

Untuk vaksinasi tahap kedua ditargetkan selesai pada April 2021, dan direncanakan akan terus berlanjut sampai akhir tahun 2021.

"Untuk di Kota Padang secara keseluruhan target vaksinasi kita yaitu sebanyak 700.000 warga," kata dia,