Lima alasan MU disebut calon tim terkuat dapatkan Erling Haaland

id Liga Inggris,Manchester United,Erling Haaland

Lima alasan MU disebut calon tim terkuat dapatkan Erling Haaland

emain Borussia Dortmund Erling Braut Haaland merayakan golnya saat menghadapi Schalke 04 di Veltins-Arena, Gelsenkirchen, Jerman, 20 Februari 2021. (Pool via REUTERS/INA FASSBENDER)

Jakarta (ANTARA) - Spekulasi transfer yang menyelimuti pemain Borussia Dortmund Erling Haaland semakin kencang, tetapi menurut talkSport, Manchester United (MU) memiliki lima alasan yang membuat klub ini menjadi pihak yang paling bisa merebut hati Haaland.

Striker berusia 20 tahun itu mulai mengkilap sewaktu bermain bersama Red Bull Salzburg yang di antaranya karena menorehkan sejumlah gol dalam kompetisi Liga Champions.

Pindah ke Borussia Dortmund pada Januari 2020 malah membuat dia makin subur saja dengan menciptakan 43 gol dari 43 bermain bersama klub Jerman itu.

Sejumlah laporan menyebutkan pemain Dortmund ini berharga 150 juta pound. Sejumlah tim menantikan sampai 2022 ketika klausul jualnya yang seharga 68 juta pound aktif. Tetapi beberapa klub tak mau menunggu selama itu.

Manchester United, Chelsea, Manchester City dan Liverpool disebut-sebut mengincar Haaland, selain juga Real Madrid, Barcelona dan Juventus.

Namun, United memiliki lima alasan yang tak dipunyai klub lain yang membuatnya menjadi calon terkuat pembeli Haaland.

1. Hubungannya dengan Manajer Manchester United Ole Gunnar Solksjaer

Ole Gunnar Solskjaer pekan ini mengaku terus membangun kontak dengan pemain yang pernah dia latih sewaktu masih bersama klub Norwegia Molde itu. Mereka berdua masih berhubungan baik.

Solksjaer mengaku pernah sengaja terbang menemui Haaland dan ayahnya Alf-Inge, dalam rangka menawar dia sebelum bergabung ke Dortmund. TalkSport menilai hubungan pribadi Solksjaer dengan Haaland akan menjadi faktor penentu bergabungnya dia di Old Trafford.

2. Manchester United mampu menyanggupi banderol harga dia

Hanya sedikit klub yang berani memenuhi harga transfer Haaland yang sebesar 150 juta pound. Dan United adalah salah satunya. Mungkin hanya Chelsea yang bisa menandingi tawaran United untuk Haaland.

Yang jelas sejumlah pihak termasuk stiker Dean Ashton mendesak United agar mengeluarkan berapa pun untuk membeli sang striker, karena produktivitas golnya yang luar biasa tinggi. "Dia bisa penting untuk klub sepakbola Anda," kata Ashton.

3. Alf-Inge senang anaknya membela United

Ayahanda Haaland, Alf-Inge, adalah alumnus Liga Premier. Alf-Inge pernah bermain untuk Leeds dan Manchester City.

Erling Haaland lahir di Leeds ketika ayahnya membela klub ini. Dia adalah pengagum Leeds. Tetapi sang ayah mengaku tidak mempermasalahkan jika anaknya kelak membeli Manchester United. "Akan menyenangkan," kata dia suatu waktu pada 2019.

4. Haaland pernah menandatangani kostum Manchester United

Pada 2019, Haaland menimbulkan kontroversi karena menandatangani kostum Manchester United.

Saat itu dia sudah menyatakan United adalah persinggahan dia berikutnya dan saat itu pula semua orang bilang dia tengah dalam proses menuju Old Trafford.

5. Manchester United sungguh butuh striker

Manchester United mungkin agak menyesal telah membiarkan Romelu Lukaku lepas ke Inter Milan. Striker Belgia menciptakan gol dari semua sisi gawang, baik itu tengah, kiri maupun kanan.

Solskjaer tidak menganggap Marcus Rashford sebagai striker tengah, sedangkan Anthony Martial mandul musim ini. Oleh karena itu, mengingat MU dihadapkan kepada semua masalah ini, maka Haaland menjadi jawaban dan pilihan paling realistis untuk MU.