Bupati dan Wakil Bupati Agam dilantik Gubernur Sumbar

id Bupati baru agam, dilantik gubernur, lubuk baaung

Bupati dan Wakil Bupati Agam dilantik Gubernur Sumbar

Penandatangan memori pelantikan oleh yambutan Bupati Agam Andri Warman disaksikan Gubernur Sumbar Mahyeldi. (Antara/a)

Lubuk Basung (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah melantik Dr. Andri Warman-Irwan Fikri SH sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam periode 2021-2024, di Auditorium Gubernuran, Jumat (26/2).

Bersama Andri Warman-Irwan Fikri, juga dilantik 10 pasang bupati-wakil bupati dan wali koto-wakil wali kota yang memenangi kontestasi Pilkada 2020.

Pelantikan kepala daerah hasil Pilkada 2020 itu dilaksanakan secara terbatas, dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 ekstra ketat dan mendapat pengawalan khusus dari pihak Polri.
Gubernur Mahyeldi memasangkan benggo ke Bupati Agam Andri Warman usai pengambilan aumpah jabatan(Antara/ist)


Mahyeldi yang juga baru saja dilantik kemaren sebagai Gubernur Sumbar oleh Presiden RI di Istana Negara, mengharapkan bupati-wakil bupati dan wali kota dan wakil wali kota agar dapat melaksanakan amanah ini dengan baik, demi kemajuan kabupaten kota masing-masing dan Sumbar di masa mendatang.

“Kita juga bersyukur karena telah melalui dan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak 2020 dengan aman, damai dan demokratis,” katanya.

Atas keberhasilan itu, pihaknya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada KPU, Bawaslu, aparat keamanan dan lainnya telah memastikan Pilkada berlangsung aman, damai dan demokratis.
Penyambutan bupati/wabup Agam Andri Warman-Irwan Fikri usai pelantikan Gubernur Sumbar, disambut warga dan elemen masyarakat Agam.(Antara/ist)


Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Sekda masing-masing daerah yang telah melaksanakan tugas sehari-hari kepala daerah, sampai diangkat dan dilantiknya kepala daerah dan wakil kepala defenitif.'oò

“Dengan dilaksanakannya acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini, maka telah usai serangkaian acara demokrasi dalam menciptakan suatu pembangunan agar dapat terus maju, berkembang, bergairah dan bersemangat serta dapat memenuhi harapan masyarakat,” katanya.

Kini, kata Gubernur, saatnya melangkah bersama dalam melanjutkan ujian sejarah berikutnya yang maha berat dalam mewujudkan janji-janji saat kampanye untuk mencapai kesejahteraan rakyat di kabupaten kota masing-masing.

Bupati Agam Andri Warman dengan Wabup Irwan Fikri (Antara/ist)


Dengan begitu, gubernur berpesan kepada bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota yang baru dilantik, agar visi dan misinya seiring sejalan dengan visi dan misi pemerintah provinsi dalam melaksanakan pembangunan daerah.

“Kepala daerah harus berpedoman dan mengacu kepada visi dan misi gubernur, agar terjadi sinkronisasi dan harmonisasi dari daerah sampai ke pusat. Jabarkan dan implementasikan sesuai konteks dan kondisi daerah,” sebutnya.

Untuk itu, ia minta kepala daerah berlari kencang menyelesaikan tahapan itu, dan menyelesaikan RPJMD sesuai visi misi pada waktu kampanye.

Sementara itu, Bupati Agam Dr. Andri Warman mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Agam yang telah mempercayakannya dalam melanjutkan pembangunan di daerah itu.

“Alhamdulillah, secara resmi saya dan Irwan Fikri selaku Wakil Bupati Agam sudah dilantik oleh Gubernur Sumbar. Insyaallah, kami siap mengabdi untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu pihaknya berharap dukungan dari semua pihak dalam menjalankan roda pemerintahan.

Penyambutan

Setelah dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Agam, Andri Warman-Irwan Fikri disembut puluhan Forkopimda, pihak keluarga, masyarakat dan lainnya di rumah dinas, Jumat (26/2) sore.
Mantan Bupati Agam Aristo Munandar, Ketua DPRD Agam Novi Irwan dan Anggota DPRD Agam menyambut Bupati Agam Andri Warman dengan Wabup Irwan Fikri. (Antara/ist)


Bupati dan wakil bupati yang baru dilantik itu disambut dengan tari pasambahan dan setelah itu melakukan silaturahmi dengan Forkopimda Agam.

Pada Jumat (26/2) malam, dilanjutkan dengan silaturahmi serah terima tugas dari Plh bupati ke bupati depenitif. Kegiatan iti dihadiri mantan bupati Aristo Munandar, Anggota DPR-RI Rezka Oktoberia, Forkopimda, kepala OPD dan lainnya di Balairuang Agam.

"Kami mengudang seluruh mantan bupati dan wakil bupati, namun hanya hadir Aristo Munandar dan sisanya berhalangan datang," kata Sekda Agam Martias Wanto.

Kegiatan itu menerapkan protokoler kesehatan COVID-19 dan seluruh undangan diwajibkan memakai masker.
Bupati Agam Andri Warman dengan Wabup Irwan Fikri ramah tamah. (Antara/ist)


Sekda mengucapkan terimakasih kepada seluruh penyelanggaran, TNI, Polri dan pelaku lainya dengan kerjasama dengan baik, sehingga mengantarkan Andri Warman dan Irwan Fikri menjadi bupati dan wakil bupati.

Pihaknya berharap OPD, Wali Nagari, Wali Jorong dan lainnya untuk mendukung dalam.menjalankan roda pemeintahan.

Jalankan pemerintahan satu komando

Bupati dan Wakil Bupati Agam, Sumatera Barat, Andri Warman-Irwan Fikri bakal menjalankan roda pemerintahan dalam satu komando atau tim agar daerah itu lebih maju lagi.
Bupati Agam Andri Warman dengan Wabup Irwan Fikri komitmen jalankan pemerintahan satu komando. (Antara/ist)


"Kita menjalankan roda pemerintahan seperti permaianan sepak bola dengan cara bersama-sama dan bukan sendiri-sendiri," kata Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri.

Ia mengatakan, ini dilakukan agar program yang telah dituangkan dalam visi dan misi menjadi bupati dan wakil bupati bisa berjalan dengan baik.

Dengan cara itu, Agam lebih maju lagi baik di bidang pariwisata, pendidikan dan lainnya.

Bupati Agam Andri Warman menandatangi serahterima jabatan. (Antara/ist)


"Ini sesuai dengan moto kami menjadi bupati dan wakil bupati. Ini harus dicapai selama memimpin Agam periode 2021-2024," katanya.

Ia menambahkan, perbedaan sikap politik telah habis saat Pilkada 2020.

Sekarang harus menata kedepan bagaimana membuat Agan lebih maju lagi.

Sementara itu, Bupati Agam Andri Warman menambahkan pihaknya akan memulai bekerja pada Senin (1/3).

"Pada 26-28 Februari 2021 kita manfaatkan untuk bersilaturahmi dengan Forkopimda, OPD, tokoh masyarakat, tokoh adat dan lainnya setelah dilantik jadi bupati dan wakil bupati, Jumat (26/2)," katanya.

Kedepan, dibutuhkan kerjasama yang baik dengan DPRD, Forkompimda dan masyarakat agar Agam lebih maju lagi.

Masyarakat akan merasakan dampak ekonomon dari kerjasama tersebut saat pandemi COVID-19 melanda daerah itu.

Bupati Agam Andri Warman dan Wabup Irwan Fikri silaturrahim dengan tokoh masyarakat. (Antara/ist)


Ketua DPRD Agam, Novi Irwan mengatakan siap bekerjasma dalam membangun Agam ke arah lebih baik.

"Saya mengucapkan selamat kepada Andri Warman dan Irwan Fikri yang telah dilantik memimpin Agam," katanya. (*)