Lebih 300 toko di Pariaman telah dilengkapi barcode QRIS

id barcode QRIS,bank nagari,pariaman

Lebih 300 toko di Pariaman telah dilengkapi barcode QRIS

Pimpinan Cabang Bank Nagari Pariaman, Sumbar Ibnu Supriadi. (Antarasumbar/Aadiaat M. S.)

​​​​​​​Pariaman (ANTARA) - Lebih dari 300 toko di Kota Pariaman, Sumatera Barat telah dilengkapi dengan barcode QRIS sehingga dapat mempermudah pembayaran non tunai di daerah itu.

"Hingga akhir 2020 sudah ada 307 merchant atau toko yang sudah pakai QRIS," kata Pimpinan Cabang Bank Nagari Pariaman Ibnu Supriadi di Pariaman, Rabu.

Ia menyebutkan untuk jumlah transaksi semenjak QRIS diluncurkan dari Mei 2020 hingga akhir 2020 mencapai 2.049 dengan nominal uang mencapai Rp295 juta.

Ia menyampaikan pihaknya menargetkan hingga akhir 2021 jumlah toko atau tempat yang terdapat barcode QRIS menjadi 800 unit untuk mempermudah transaksi digital di daerah itu.

Ia menyadari bahwa tantangan terbesar dalam merealisasikan hal tersebut yaitu sosialisasi dan edukasi penggunaan QRIS kepada masyarakat.

"Kalau pedagang di pasar bisalah, tapi yang sulit itu warga yang di rumah-rumah," katanya.

Guna mengatasi hal tersebut, lanjutnya pihaknya mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai wadah untuk sosialisasi sehingga warga dapat dengan mudah memahami manfaat dan cara penggunaan barcode QRIS.

Ia menambahkan QRIS tersebut tidak saja dapat digunakan untuk transaksi pembayaran non tunai namun juga untuk sedekah, infak, dan zakat.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat dan Bank Nagari komitmen mewujudkan daerah itu sebagai kota pintar atau 'smart city'.

"'Smart city' merupakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2018-2023 di bawah kepemimpinan Genius Umar dan Mardison Mahyuddin," kata Asisten Administrasi Pemerintahan Umum Setdako Pariaman Yaminu Rizal di Pariaman.

Ia mengatakan tujuan diterapkannya kota pintar tersebut yaitu untuk mempermudah aktivitas masyarakat baik di bidang pemerintahan maupun perekonomian.

Ia menyampaikan salah satu upaya mewujudkan kota pintar tersebut yaitu pihaknya menjalin kerja sama dengan Bank Nagari yang salah satu program yang dapat diterapkan dengan mudah di masyarakat yaitu pembayaran non tunai QRIS.