Ketua IKM Banten Maju Pilkada Padang

id Ketua IKM Banten Maju Pilkada Padang

Ketua IKM Banten Yemmelia

Padang, (Antara) - Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Provinsi Banten Yemmelia, menyatakan diri akan maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Padang, Oktober 2013, karena terpanggil untuk memajukan kampung halamannya.

"Saya berniat untuk maju dalam pilkada di kota ini, dengan tujuan memajukan Kota Padang, meski telah 12 tahun merantau, namun sudah saatnya perempuan minang sebagai "bundo kanduang" (wanita minang) untuk ikut bertarung dalam pilkada kali ini, dan juga sebagai bentuk keterwakilan perempuan dalam peran memajukan daerah," kata Yemmelia, di Padang, Senin.

Dia menambahkan, ia muncul memotivasi perempuan Minangkabau untuk juga muncul sebagai kandidat kepala daerah.

Keinginan ketua IKM Banten tersebut untuk mencalonkan diri sebawai calon wali kota Padang, pada pilkada 2013 disampaikan di gedung Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau, saat bersilaturahim dengan bundo kanduang Kota Padang.

Yemmelia menjelaskan, ditengah kesibukannya di Banten, ada keinginan berbakti pada tanah kelahirannya, apalagi sudah dapat izin dari suaminya untuk maju pada pilkada dengan visi mengembalikan kearifan lokal dan identitas Minangkabau di tengah masyarakat.

Meski mengaku belum memastikan akan maju secara independen, atau melalui partai politik, namun perempuan asli Minangkabau yang juga menjabat sebagai Kabid Pariwisata Banten tersebut, mengaku saat ini telah melakukan pendekatan pada beberapa pimpinan partai politik didaerah itu.

Sehubungan dengan itu, Yemmelia juga menyinggung keberadaan masyarakat Minang yang tergabung dalam IKM hingga saat ini telah berjumlah 1,8 juta jiwa, dimana mereka telah dibantu dengan perkreditan makro dengan bekerja sama melalui pihak Bank Nagari.

Sementara itu, terkait rencana majunya perempuan Minang yang telah merantau 12 tahun tersebut ke pulau jawa, Ketua Bundo Kanduang Kota Padang, Fatimah, menjelaskan, siapapun wanita yang maju patut didukung.

"Kita sebagai bundo kanduang, sifatnya independen, dan tidak berpihak pada siapapun, namun tentu yang maju untuk bersaing dalam pilkada nanti patut kita dukung, dan saat ini yang terang-terangan menyatakan ingin maju adalah beliau, semoga kedepan ada perempuan lain yang ikut maju, sebab tidak ada salahnya perempuan untuk maju memimpin daerah ini," ujar Fatimah. (*/eko/jno)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar