Dortmund buka 2021 dengan kemenangan 2-0 atas tamunya Wolfsburg

id liga jerman,borussia dortmund,wolfsburg

Dortmund buka 2021 dengan kemenangan 2-0 atas tamunya Wolfsburg

Gelandang Borussia Dortmund Jadon Sancho melepaskan sepakan yang berbuah gol pada pertandingan Liga Jerman melawan Wolfsburg yang dimainkan di Signal Iduna Park, Dortmund, Minggu (3/1/2021). (ANTARA/AFP/LEON KUEGELER)

Jakarta, (ANTARA) - Borussia Dortmund membuka 2021 dengan menang 2-0 atas tamunya Wolfsburg dalam pertandingan Liga Jerman di Signal Iduna Park, Dortmund, Minggu.

Tiga poin ini membawa Dortmund menduduki posisi keenam dengan 23 poin, sedangkan Wolfsburg tertahan pada posisi keempat dengan 25 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Wolfsburg tampil percaya diri pada awal pertandingan dengan mengancam sejak awal saat Xaver Schlaeger menerima bola di kotak penalti Dortmund yang dia sepak melebar dari gawang.

Schlager kemudian mengumpan Yannick Gerhardt yang berada dalam posisi yang lebih baik, namun tembakannya terbelokkan sehingga melebar ke sisi kiri.

Marco Reus membuang peluang bagus pertama Dortmund, sedangkan tembakan Giovanni Reyna ditahan kiper Koen Casteels yang juga mematahkan tembakan Erling Haaland sebelum menepis tendangan bebas Reus yang menutup babak pertama.

Ketangguhan Casteels akhirnya ambrol pada menit ke-66 saat tendangan sudut Jadon Sancho disundul dengan sempurna oleh Manuel Akanji untuk membobol gawang Wolfsburg.

Akanji hampir mengulang proses gol ini beberapa saat kemudian ketika menanduk bola tendangan sudut Sancho, namun kali ini bola sundulannya melebar.

Steffen Tigges menggantikan Haaland untuk mencatatkan debutnya dalam Liga Jerman dan dia hampir menandainya dengan gol yang dapat disapu John Brooks sebelum melewati garis gawang.

Saat Wolfsburg memburu gol penyama kedudukan, Dortmund mengemas gol keduanya pada menit ke-91.

Dari satu serangan balik setelah tendangan sudut Wolfsburg, Sancho memperlihatkan ketenangan luar biasa ketika menaklukkan Casteels dan mengukir gol pertamanya musim ini.

Pada pertandingan berikutnya Sabtu pekan ini, Dortmund akan dijamu penguasa klasemen RB Leipzig, sedangkan Wolfsburg melawat ke kandang kuda hitam Union Berlin.

Susunan pemain kedua tim:

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Buerki, Thomas Meunier, Manuel Akanji, Mats Hummels, Raphael Guerreiro, Axel Witsel, Thomas Delaney, Jadon Sancho, Marco Reus (Emre Can 86'), Giovanni Reyna (Dan-Axel Zagadou 90'), Erling Haaland (Steffen Tigges 81')

Pelatih: Edin Terzic

Wolfsburg (4-2-3-1): Koen Casteels, Bote Baku, Marin Pongracic (Maxence Lacroix 78'), John Anthony Brooks, Paulo Silva, Yannick Gerhardt (Admir Mehmedi 71'), Maximilian Arnold, Josip Brekalo (Joao Victor 71'), Xaver Schlager (Bartosz Bialek 88'), Renato Steffen (Daniel Ginczek 87'), Wout Werghorst

Pelatih: Oliver Glasner