KPU : Seluruh bakal pasangan calon bupati/wakil bupati penuhi syarat

id berita sumbar,kpu,berita pesisir selatan

KPU : Seluruh bakal pasangan calon bupati/wakil bupati penuhi syarat

Rangkaian suasana penyerahan surat keputusan penetapan pasangan calon kepala daerah di Pesisir Selatan. (antarasumbar/Didi Someldi Putra)

Karena ketiga bakal pasangan calon memenuhi syarat, sehingga status mereka saat ini menjadi pasangan calon,
Painan (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Epaldi Bahar menyebut seluruh bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar untuk mengikuti Pilkada 2020 di daerah setempat memenuhi syarat.

"Karena ketiga bakal pasangan calon memenuhi syarat, sehingga status mereka saat ini menjadi pasangan calon," kata Epaldi usai menyerahan surat keputusan penetapan pasangan calon kepala daerah di Painan, Rabu.

Hanya saja berdasarkan penelitian pihaknya terhadap syarat bakal pasangan calon yang diajukan pada saat pendaftaran, seluruhnya mesti melakukan perbaikan.

"Perbaikannya yakni menandatangani naskah visi, dan misi serta beberapa dokumen lain," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, ia membantah isu yang menyebut bahwa terdapat bakal pasangan calon yang menjalani tes psikologi hingga diulang sebanyak tiga kali.

"Informasi ini menyebar dan menjadi pembicaraan di Pesisir Selatan, dalam kesempatan ini saya menegaskan bahwa hal tersebut tidak benar," jelas dia.

Kendati demikian, ia mengungkap bahwa memang tahapan tersebut dilaksanakan sebanyak tiga kali, yang terdiri dari tes tertulis, wawancara dan metoda lainnya.

Pemeriksaan kesehatan dari tim medis terhadap ketiga bakal pasangan calon juga menyatakan mereka sehat jasmani, rohani, serta bebas dari penyalahgunaan narkoba.

"Hal ini telah kami plenokan dan bersifat tertutup, yang hadir cuma kami dari KPU," sebutnya.

Pasangan calon yang ditetapkan tersebut yakni Hendrajoni-Hamdanus, Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah, dan Dedi Rahmanto Putra-Arfianof Rajab.

Hendrajoni-Hamdanus didukung oleh tiga partai yakni NasDem, PKS, dan Demokrat, Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah oleh lima partai yakni Gerindra, PAN, PBB, Perindo dan Berkarya, sementara Dedi Rahmanto Putra-Arfianof Rajab didukung Golkar, PDI-P, PPP, PKB dan Hanura.

Dalam kesempatan itu hadir Kepala Polres Pesisir Selatan, AKBP Sri Wibowo, tim penghubung ketiga pasangan calon kepala daerah, Ketua Bawaslu Pesisir Selatan, Erman Wadison, perwakilan Kejaksaan Pesisir Selatan dan pihak terkait lainnya.