Wako Pariaman ajak maknai HUT kemerdekaan untuk melawan COVID-19 dan peningkatan ekonomi

id Upacara HUT RI,pariaman,berita sumbar,HUT RI,hut kemerdekaan RI

Wako Pariaman ajak maknai HUT kemerdekaan untuk melawan COVID-19 dan peningkatan ekonomi

Wali Kota Pariaman Genius Umar (kiri) didampingi Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin (kanan) usai Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Pariaman, Senin. (ANTARA/Aadiaat M.S)

Pariaman, (ANTARA) - Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar mengajak masyarakat untuk memaknai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI tahun ini sebagai perjuangan melawan penyebaran COVID-19 dan peningkatan ekonomi akibat dampak virus itu.

"Kemerdekaan pada hakikatnya diperjuangkan oleh pendiri bangsa ini dan sekarang kita juga sedang berjuang agar jangan sampai terjadi penambahan warga positif COVID-19," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar usai Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan untuk melawan virus tersebut warga harus terus menerapkan protokol kesehatan dan berjuang menerapkan kebiasaan baru sehingga tidak terpapar COVID-19.

Apalagi jumlah warga yang terpapar COVID-19 di Kota Pariaman hingga saat ini telah mencapai tujuh orang dan dua di antaranya telah sembuh sehingga dengan masih adanya warga positif tersebut menjadikan daerah itu masuk ke dalam zona kuning.

"Jadi perjuangan kita saat ini bagaimana kita keluar dari bencana COVID," katanya.

Untuk melawan penyebaran COVID-19 pihaknya melaksanakan tes usap atau swab secara massal guna memastikan warganya bebas dari virus tersebut. Bahkan dari tes usap tersebut diketahui satu guru dan satu tenaga kependidikan terpapar COVID-19.

Bahkan untuk mengurangi terjadinya kerumunan Pemerintah Kota Pariaman melarang warganya menggelar kegiatan panjat pinang, orgen tunggal, dan kegiatan sejenis lainnya.

Selain berjuang melawan COVID-19, lanjutnya masyarakat bersama pemerintah juga berjuang meningkatkan perekonomian akibat dampak virus tersebut sehingga ekonomi masyarakat kembali pulih.

Ia berharap pandemi COVID-19 segera berlalu, kondisi sosial di masyarakat tetap tentram, perekonomian kembali tumbuh.

Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat menggelar Upacara Bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaaan Republik Indonesia (RI) secara sederhana guna meminimalisir penyebaran COVID-19 di daerah.

"Meskipun upacara dilaksanakan secara sederhana namun tidak mengurangi kekhidmatannya," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar usai Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Pariaman, Senin

Ia mengatakan banyak kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan HUT kemerdekaan pada tahun lalu ditiadakan pada tahun ini dan pesertanya pun dibatasi guna meminimalisir penyebaran COVID-19 di Pariaman apalagi daerah itu saat ini masuk ke dalam zona kuning. (*)