Masjid Agung Nurul Iman terapkan protokol kesehatan COVID-19 saat shalat Idul Adha

id Berita Padang, berita Sumbar, shalat idul adha

Masjid Agung Nurul Iman terapkan protokol kesehatan COVID-19 saat shalat Idul Adha

Masjid Agung Nurul Iman terapkan protokol COVID-19 saat shalat Idul Adha

Padang, (ANTARA) - Masjid Agung Nurul Iman Padang, Sumatera Barat menerapkan protokol kesehatan Corona Virus Disease (COVID-19) saat menyelenggarakan shalat hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

"Alhamdulillah akhirnya bisa juga menunaikan shalat Hari Raya Idul Adha di Padang meskipun dengan mengenakan masker dan menjaga jarak," kata seorang jamaah shalat Idul Adha 1441 Hijriah, Fatma (21), di Masjid Agung Nurul Iman Padang.

Menurut dia shalat Hari Raya Idul Adha merupakan shalat sunah yang hanya sekali dalam setahun.

"Betapa sedih rasanya jika kita tidak dapat menunaikannya di tahun ini," ujar dia.

Lebih lanjut pada saat pelaksanaan shalat hari raya Idul Adha 1441 Hijriah tersebut ia tetap mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penularan COVID-19 dengan mengenakan masker, membawa sajadah dari rumah, dan menjaga jarak saat shalat.

Jamaah lainnya Eni (40) yang berasal dari Kecamatan Padang Barat, Kota Padang Sumatera Barat berharap agar pandemi COVID-19 segera berakhir, sehingga dapat menunaikan ibadah ke masjid secara khusuk.

Ketua Umum Pengurus Masjid Agung Nurul Iman, Mulyadi Muslim juga mengatakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Padang sudah menetapkan bahwa pelaksanaan shalat hari Raya Iedul Adha dilaksanakan di Masjid Nurul Iman.

"Pelaksanaan shalat tersebut sesuai protokol kesehatan COVID-19," ujar dia.

Lebih lanjut ia mengatakan pelaksanaan shalat Iedul Adha di Masjid Nurul Iman tidak menggunakan karpet masjid, memberikan tanda jaga jarak pada jamaah, dan jamaah juga diwajibkan pakai masker.

"Hal itu bertujuan untuk menghindari penularan pandemi COVID-19 terhadap jamaah," kata dia. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar