Pasca penggagalan penyeludupan narkoba, Lapas Padang perketat pengawasan bawang bawaan

id lapas padang,penyelundupan narkoba ke lapas,narkoba di lapas

Pasca penggagalan penyeludupan narkoba, Lapas Padang perketat pengawasan bawang bawaan

Penyerahan barang bukti diduga narkoba dan coba diseludupkan ke Lapas Muaro Padang pada Rabu (3/6). (ANTARA/Fathul Abdi)

Padang (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Muaro Padang, Sumatera Barat (Sumbar) memperketat pengawasan usai terungkapnya penyelundupan barang diduga narkoba pada Rabu (3/6) sore.

"Setelah kejadian itu kami memperketat pengawasan terhadap barang atau kiriman yang dititip oleh pengunjung," kata Kepala Lapas Padang Arimin didampingi KPLP Bagus di Padang, Kamis.

Ia mengatakan semua barang yang dibawa pengunjung diperiksa secara teliti, baik berupa barang atau makanan untuk mencegah kejadian serupa, dan menghambat barang-barang terlarang masuk ke Lapas..

Selain itu pihak Lapas juga menambah personel yang bertugas di tempat penitipan barang, dari lima orang menjadi tujuh orang.

Namun demikian pihaknya tidak mengubah jadwal penitipan barang yaitu pagi pukul 08.30 WIB- 12.00 WIB, dan siang pukul 13.30 WIB- 17.00 WIB.

Lapas Padang juga tetap menerapkan protokol kesehatan saat menerima dan memroses penitipan barang untuk warga binaan.

"Kalau kunjungan langsung ke narapidana memang sudah ditiadakan di Lapas karena pandemi, jadi sekarang fokus kita adalah barang," katanya.

Sebelumnya, petugas Lapas Padang menggagalkan upaya penyelundupan barang diduga narkoba yang disembunyikan dalam bungkus nasi pada Rabu (3/6) sore.

Peristiwa itu diketahui ketika ada seseorang yang mengaku keluarga narapidana hendak menitip nasi bungkus, namun saat nasi diperiksa ia langsung melarikan diri.

Ketika bungkus nasi itu dibuka ternyata di dalamnya ada lima butir pil diduga ekstasi dan benda kristal bening yang diduga kuat sabu-sabu.

Peristiwa itu saat ini telah ditangani oleh pihak Polresta Padang untuk diusut lebih lanjut.