Warga Padang Pariaman kumpulkan donasi puluhan juta bantu ibu penderita tumor

id penderita tumor,Gastro Intestinal Stromal Tumor,padang pariaman

Warga Padang Pariaman kumpulkan donasi puluhan juta bantu ibu penderita tumor

Juni Arita (36) warga Korong Puah Manih, Nagari Koto Dalam Selatan, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar hanya bisa terbaring saat anggota DPRD setempat Alfa Edison (kiri) dan wali nagari setempat Masywarah (dua kiri) serta pihak lainnya datang berkujung. (Antara Sumbar/HO)

Parit Malintang (ANTARA) - Warga Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat telah mengumpulkan donasi mencapai Rp21 juta untuk membantu ibu satu anak di daerah itu Juni Arita (36) yang menderita Gastro Intestinal Stromal Tumor (GIST).

"Alhamdullillah sudah ada sekitar Rp21 juta dana yang terkumpul, Rp10 juta dari donasi yang terkumpul itu telah kami serahkan kepada suami Juni," kata salah seorang inisiator pengumpulan dana untuk pengobatan Juni, Herman Zein di Padang Sago, Rabu.

Uang yang diserahkan kepada suami Juni tersebut untuk membayar tunggakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) keluarga itu yang menunggak sekitar dua tahun serta biaya membawa ibu satu anak itu ke rumah sakit.

Juni sedang menjalani perawatan di RSUP M. Djamil dengan dana yang dikumpulkan oleh warga serta perantau yang peduli dengan kondisi yang bersangkutan.

Setidaknya donasi mulai dibuka semenjak Jumat (14/5) dan semenjak itu dana terus mengalir sehingga sang suami dapat membayar tunggakkan kepesertaan JKN-nya serta membawa Juni berobat.

"Rencananya Senin (18/5) kami bawa Juni ke Puskesmas untuk pemeriksaan, namun karena tenaga medis di Puskesmas usai memeriksa swab warga maka disarankan untuk datang keesokan harinya," katanya.

Ia mengatakan pada Selasa (19/5) warga membawa Juni ke Puskesmas lalu dilanjutkan ke RSUD Padang Pariaman untuk pemeriksaan lebih lanjut setelah beberapa lama ibu satu anak itu dirujuk ke RSUP M. Djamil.

Sebelumnya, ibu satu anak di Korong Puah Manih, Nagari Koto Dalam Selatan, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman Juni Arita (36) menderita Gastro Intestinal Stromal Tumor (GIST) yaitu tumor yang berada di saluran cerna dan terkendala biaya pengobatan.

"Saya didiagnosis tumor semenjak 2016 dan semakin hari semakin parah hingga sekarang tidak bisa beraktivitas sehingga harus dibantu suami," kata Juni Arita di rumah orang tuanya di Kecamatan Padang Sago.

Selama ini, dia dan keluarga kecilnya merantau ke Pekanbaru dan memiliki usaha yang lancar, namun karena penyakitnya kian parah serta ekonomi keluarga semakin memburuk maka mereka memutuskan pulang kampung.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar