Untuk bantu masyarakat ditengah COVID-19, PT Pegadaian adakan program gadai peduli berbunga nol persen

id berita padang, berita sumbar,pegadaian,bunga nol persen,covid-19

Untuk bantu masyarakat ditengah COVID-19, PT Pegadaian adakan program gadai peduli berbunga nol persen

Suasana di kantor Pegadaian Padang. (AntaraSumbar/Laila Syafarud)

Program Pegadaian bertajuk Gadai Peduli ini telah diluncurkan sejak awal Mei 2020 hingga akhir Juni 2020,
Padang (ANTARA) - PT Pegadaian Area Padang, Sumatera Barat, mengadakan program gadai peduli berbunga nol persen untuk membantu masyarakat di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

"Program Pegadaian bertajuk Gadai Peduli ini telah diluncurkan sejak awal Mei 2020 hingga akhir Juni 2020," kata bagian Marketing dan Sales Produk Gadai, Pegadaian Area Padang, Suci Pradinta di Padang, Selasa.

Ia menambahkan Pegadaian terus memberikan berbagai kemudahan bagi nasabah. Terlebih lagi pada situasi yang sulit saat ini di tengah pandemi COVID-19.

Kemudian, sebutnya mengenai persyaratan program gadai peduli berbunga 0 persen adalah dalam satu Kartu Keluarga (KK) dan tidak boleh lebih dari satu nasabah penerima. Kemudian cukup menggunakan KTP.

"Untuk pembuktiannya nasabah tidak perlu membawa KK saat menggadai, karena sistemnya otomatis dengan maksimal pinjaman Rp1 juta, kemudian akan dicek oleh sistem yang kami miliki," ujar dia.

Ia menyebutkan cukup dengan meninggalkan jaminan di pegadaian berupa emas, handphone, dan kendaraan masyarakat mendapatkan pembiayaan sebesar Rp1 juta dengan bunga nol persen.

"Sebetulnya ini merupakan program Pegadaian secara nasional. Namun di Pegadaian Area Padang baru berlaku sejak 4 Mei 2020. Karena sebelumnya kami sempat tutup tiga hari," kata dia.

Lebih lanjut ia mengemukakan semenjak program gadai peduli tersebut diluncurkan jumlah transaksi gadai di Pegadaian Area Padang terus mengalami peningkatan sejak 4 Mei 2020 sampai sekarang.

"Namun jumlah tebus juga mengalami peningkatan, disebabkan sebelumnya harga emas mahal sehingga banyak masyarakat yang menebus barangnya," ujar dia.

Ia berharap melalui program gadai peduli tersebut dapat membantu meringankan masyarakat yang membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka di tengah pandemi COVID-19.

"Semoga COVID-19 ini segera berakhir sehingga masyarakat bisa beraktifitas dengan normal," lanjut dia.