Harga cabai merah keriting di Pesisir Selatan naik Rp4.000 perkilogram

id pedagang cabai

Harga cabai merah keriting di Pesisir Selatan naik Rp4.000 perkilogram

Pedagang cabai merah. (Antara/Laila Syafarud)

Painan, (ANTARA) - Harga cabai merah keriting di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mulai naik jadi Rp16 ribu per kilogram atau naik Rp4 ribu dibanding pekan kemarin yang hanya Rp12 ribu per kilogram.

"Harga Rp16 ribu ini kualitasnya standar, sedangkan yang paling bagus Rp18 ribu," kata seorang pembeli, Suarti di Pasar Kambang, Kecamatan Lengayang, Pesisir Selatan, Rabu.

Sementara harga bawang merah, lanjutnya juga mengalami kenaikan dibanding pekan kemarin dari Rp40 ribu per kilogram menjadi Rp50 per kilogram.

"Bawang merah Rp40 ribu juga masih ada, namun ukurannya kecil-kecil, namun hitung-hitung berhemat saya membeli yang Rp40 ribu per kilogram," katanya lagi.

Pengamatan di Pasar Kambang jumlah pembeli tidak seramai sebelum adanya berbagai kebijakan seputar upaya meminimalkan wabah virus Corona jenis baru atau COVID-19.

Selain itu di antara pembeli juga terlihat menjaga jarak dengan pembeli lainnya ketika bertransaksi, dan mereka juga lengkap menggunakan masker dari kain.

Namun sebagian lagi juga terlihat tidak memakai masker dan terkesan acuh dengan berbagai kebijakan dan imbauan dari pemerintah.

Sebelumnya Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengakui bahwa aktivitas jual beli di seluruh pasar di daerah itu lesu menyusul dikeluarkannya berbagai kebijakan dan setelah terdapat beberapa warga setempat yang positif COVID-19.

Oleh karena itu pihaknya mengambil kebijakan pro pedagang dengan menggratiskan retribusi terhadap 753 petak kios yang tersebar di 14 pasar rentang April-Mei 2020. (*)