39 orang berstatus PDP dan ODP di Solok Selatan dinyatakan sehat

id COVID-19,Solok Selatan,berita Solok Selatan ,Solok Selatan terkini,berita sumbar,corona,virus corona

39 orang berstatus PDP dan ODP di Solok Selatan dinyatakan sehat

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melakukan koordinasi dengan Forkopimda untuk pembentukan gugus penanganan COVID-19. (ANTARA/Akmal Saputra)

Padang Aro, (ANTARA) - Sebanyak 39 orang pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat telah selesai dikarantina dan dinyatakan sehat oleh pemerintah setempat.

"Sebanyak 36 ODP selesai dikarantina pada Kamis (19/3) dan sekarang telah beraktivitas kembali, sedangkan tiga PDP yang sempat dirawat di RSUP M Djamil telah kembali ke rumahnya dan dinyatakan negatif virus corona maupun MERS-COV," kata Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman di Padang Aro, Jumat.

Ia mengatakan saat ini masih ada satu orang lagi berstatus ODP di Solok Selatan dari sebelumnya berjumlah 37 orang.

Seluruh lintas sektoral katanya, sudah berkomitmen untuk bersatu mencegah merebaknya pandemi corona di daerah itu.

Bahkan sesuai instruksi pusat, pemerintah daerah dan semua unsur Forkopimda, sudah berkoordinasi untuk membentuk Gugus Tugas percepatan penanganan COVID-19.

"Kemarin kami sudah menggelar rakor untuk merumuskan langkah antisipasi penyebaran COVID-19 dan semua lini sepakat bekerja sama menanggulanginya," ujarnya.

Beberapa upaya pencegahan yang disepakati antar-lini seperti melarang kegiatan yang bersifat di luar ruangan dan pengumpulan massa.

Kemudian meningkatkan pengawasan terhadap mobilitas masyarakat yang pulang dari luar negeri.

Sementara Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda menyebutkan, semua lapisan berkewajiban menjaga dan mencegah penyebaran virus corona.

Menurutnya, harus ada pergerakan masif untuk menyosialisasikan bahaya dan bagaimana mengantisipasi penyebaran virus tersebut. (*)