Perguruan tinggi swasta di LLDIKTI Wilayah X turun menjadi 239

id Berita Padang, padang terkini, LL Dikti Wilayah X, jumlah PTS

Perguruan tinggi swasta di LLDIKTI Wilayah X turun menjadi 239

Kepala LL Dikti Wilayah X Prof Herri (Antara/Humas)

Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X yang meliputi Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau dan Jambi menyebutkan jumlah perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayahnya mengalami penurunan dari sebelumnya 250 menjadi 239 PTS.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri di Padang, Senin mengatakan penyusutan PTS tersebut disebabkan karena adanya penggabungan perguruan tinggi.

"Contohnya berupa penggabungan STIE dan STIKOM Pelita Indonesia di Pekanbaru yang bergabung menjadi Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia," katanya.

Tujuannya ialah agar kualitas pendidikan tinggi tetap terjaga. Kemudian perguruan tinggi di Indonesia juga memiliki daya saing yang bisa sejajar dengan perguruan tinggi di negara lain.

"Dari empat wilayah tersebut jumlah PTS terbanyak yaitu di Sumbar mencapai 95, Riau sebanyak 76, Jambi 38, dan Kepulauan Riau 30. Sehingga total keseluruhan mencapai 239 PTS," kata dia.

Kemudian jumlah PTS yang paling banyak di wilayah itu yaitu tingkat sekolah tinggi mencapai 124 dan akademi 74. Kemudian universitas masih 31, politeknik enam, dan institut empat, katanya.

"Untuk di wilayah Sumbar sendiri jumlah PTS tingkat sekolah tinggi mencapai 50, akademi 30, universitas 12, institut dua dan politeknik satu. Sehingga jumlah keseluruhan PTS di Sumbar mencapai 95," kata dia.

Untuk itu ia mengimbau perguruan tinggi lainnya yang belum mengajukan proposal penggabungan perguruan tinggi supaya segera diajukan.

Penggabungan tersebut diharapkan dapat memperkuat perguruan tinggi dan meningkatkan kualitas pendidikan. Sehingga akses pendidikan tinggi ke tengah-tengah masyarakat semakin luas, katanya.

"Jika kampusnya kuat dan berkualitas, tentunya impian kampus merdeka ke depannya dapat terwujud," kata dia.

Lebih lanjut ia mengungkapkan jumlah PTS yang sudah terakreditasi B di LLDIKTI Wilayah X itu yaitu baru 50 PTS terdiri atas sekolah tinggi 30, universitas 13, akademi empat, politeknik dua, dan institut satu.

"Kemudian, beberapa PTS lainnya masih terakreditasi C dan masih dalam proses akreditasi," katanya.

Ia menyebutkan jumlah PTS yang masih terakreditasi C yaitu 103 terdiri atas sekolah tinggi 58, akademi 34, universitas 10, dan politeknik satu.

"Sementara jumlah PTS yang masih dalam proses akreditasi yaitu 86, terdiri atas akademi 36, sekolah tinggi 36, universitas delapan, institut tiga, dan politeknik juga tiga," kata dia.