Nasrul Abit siap maju di Pilgub Sumbar

id Pilgub Sumbar,nasrul abit,pilkada serentak 2020,nasrul abit maju pilgub sumbar,andre rosiade,Gerindra sumbar

Nasrul Abit siap maju di Pilgub Sumbar

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyatakan dirinya akan maju dalam Pilgub Sumbar 2020 dan saat ini masih fokus menjalankan pekerjaannya sebagai wakil gubernur.

"Cara berpolitik kita berbeda-beda, ada yang muncul ke permukaan dan ada yang tidak muncul," kata dia selepas Rapat Koordinasi pemerintah provinsi dan kabupaten dan kota se-Sumbar di Padang, Selasa.

Ia menegaskan dirinya akan maju sebagai calon gubernur dalam Pilgub Sumbar 2020.

"Saya tetap mencalonkan diri sebagai gubernur dan wakil sudah ada. Saat ini tinggal menunggu keputusan dari partai saja," kata dia.

Sebelumnya sejumlah kader Partai Gerindra Sumatera Barat menyuarakan agar partai tersebut mendukung kader mereka Nasrul Abit dengan Indra Catri di Pilgub Sumbar 2020 saat Rakerda partai.

"Iya, mudah-mudahan itu jadi kenyataan," kata dia.

Sebelumnya Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebut Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit berpeluang diusung Partai Gerindra sebagai calon gubernur dalam Pilgub Sumbar 2020.

"Nasrul Abit merupakan kader partai dan peluang maju cukup besar," kata dia.

Ia mengatakan Nasrul Abit yang saat ini menjadi Wakil Gubernur Sumbar membuat dirinya berharap maju sebagai Pilgub Sumbar

"Kita sangat berharap Nasrul Abit dapat diusung menjadi gubernur dalam Pilgub," kata dia.

Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang digelar Minggu (16/2) kader Partai Gerindra Sumatera Barat mengusulkan dua kader partai yakni Nasrul Abit dan Indra Catri diusung partai dalam Pilgub Sumbar 2020.

Ketua DPD Gerindra Andre Rosiade di Padang Sabtu mengakui kader partai memunculkan nama tersebut untuk menjadi pasangan gubernur dan wakil gubernur yang diusung partai.

Ia mengakui aspirasi itu muncul dalam Rakorda dan didengar langsung oleh Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani yang menghadiri kegiatan tersebut.

"Itu bukan keputusan Rakorda namun usulan yang muncul dari kader. Sekjen sudah melihat dan tentu aspirasi ini dapat disampaikan ke pusat," kata dia

Ia mengatakan meskipun ada aspirasi dari daerah namun yang memiliki kewenangan dalam menentukan siapa yang akan diusung adalah Ketua Umum Partai Gerindra

Menurut dia untuk pasangan Nasrul Abit dengan Indra Catri cukup kuat untuk memenangkan Pilgub nanti

Ia mengatakan keduanya memiliki rekam jejak yang bagus dalam memimpin daerah.

Dirinya mencontohkan Nasrul Abit yang mulai dari wakil bupati dan kemudian Bupati Pesisir Selatan dan saat ini sebagai Wakil Gubernur.

Kemudian Indra Catri juga syarat akan pengalaman di pemerintahan yakni sebagai Bupati Agam.

"Keduanya dianggap layak oleh kader untuk diusung dan secara regulasi kita mampu mengusung pasangan calon sendiri," katanya

Ia mengatakan jumlah kursi Gerindra di DPRD Sumbar melebihi ambang batas yakni 20 persen dari 65 anggota DPRD Sumbar.

"Kita punya 14 kursi dan siap mengusung pasangan tanpa menjalin koalisi dan kita kuat untuk itu," kata dia.