Disnakertrans Sijunjung adakan pelatihan berbasis kompetensi

id pencari kerja, kompetensi, pelatihan, nakertrans, sijunjung, sumbar

Disnakertrans Sijunjung adakan pelatihan berbasis kompetensi

Sebanyak 64 orang calon tenaga kerja muda yang produktif di Kabupaten Sijunjung ikuti pelatihan kompetensi selama tiga bulan. (ist)

Muaro (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat mengadakan pelatihan berbasis kompetensi, tapah I diikuti sebanyak 64 orang calon tenaga kerja muda yang produktif asal daerah itu.

Pelatihan ini dilaksanakan sejak 20 Februari sampai dengan 7 April 2020, dibuka Kepala Dinas Adlis, SE.MT di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK), ditandai dengan pengalungan tanda peserta dan penyerahan baju latihan, Kamis (20/2).

Pembukaan ini juga dihadiri Ketua Dekranasda Kabupaten Sijunjung Endra Yuswir Arifin, Kadis Nakertrans Provinsi Sumbar diwakili Kasi Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Mahendra MM, BLK Padang, Riswanto, Kepala OPD, Camat dan undangan lainnya.

Kepala UPTD BLK Kabupaten Sijunjung Gustinus, dalam laporannya menyebutkan, pelatihan ini dilaksanakan selain untuk mengurangi pengangguran, juga untuk mempersiapkan calon tenaga kerja yang kompeten.

Selain itu, memiliki etos kerja tinggi, dan berdaya saing sehingga dapat langsung terjun kedunia kerja dan mampu membuka lapangan kerja baru.

Pelatihan ini, lanjut Gustinus diadakan di UPTD BLK dan Nagari diantaranya, asisten pembuat pakaian, pratical office advance, pembuatan roti dan kue dilaksanakan di BLK Sijunjung dan tenun dilaksanakan di Nagari Sinyamu Kecamatan Tanjung Gadang.

Ketua Dekranasda Endra Yuswir Arifin dikesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumbar dan BLK Padang yang telah membantu tenaga kerja di Kabupaten Sijunjung.

”Kepada peserta pelatihan, kami harapkan agar mengikuti pelatihan ini dengan baik, marilah kita berkompetensi dengan baik agar hasil yang didapat juga baik nantinya,” harap En Yuswir.

Sementara Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Sijunjung Adlis, SE.MT dikesempatan itu juga mengharapkan kepada peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik.

“Manfaatkan kesempatan ini dengan baik agar hasil yang diperoleh juga maksimal didapatkan,” pesan Adlis.