KAI Sumbar dekatkan pelajar dengan kereta api melalui lomba mewarnai dan menggambar

id KAI Sumbar,Padang,KAI ,Sumbar,pelajar mengenal kereta api,padang pariaman

KAI Sumbar dekatkan pelajar dengan kereta api melalui lomba mewarnai dan menggambar

Sejumlah murid TK dan Sekolah Dasar mengikuti lomba mewarnai dan menggambar kereta api di Stasiun Duku Kabupaten Padang Pariaman (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang Pariaman, (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Sumatera Barat mengedukasi pelajar yang terdiri dari murid TK dan Sekolah dasar di kawasan Duku Kabupaten Padang Pariaman dengan kereta api melalui lomba mewarnai dan menggambar kereta api.

Kepala Humasda PT KAI Divre II Sumatera Barat, M. Reza Fahlepi di Padang, Rabu mengatakan kegiatan lomba mewarnai dan menggambar merupakan lanjutan program sosialisasi kereta api kepada masyarakat.

“Edukasiini diharapkan akan mengenalkan mereka dengan kereta api dan ikut menjaga kereta api yang melintas di lingkungan mereka,” kata dia.

Menurut dia dalam lomba ini pihaknya melibatkan 50 murid TK yang berasal dari lima Taman Kanak-kanak dan 50 murid sekolah dasar dari lima SD yang ada di kawasan Stasiun Duku Kabupaten Padang Pariaman.

Mereka mengikuti lomba mewarnai dan menggambar kereta api, untuk kali ini pihaknya memberikan gambar KA Lembah Anai yang selalu melintasi di kawasan tersebut

“Kita bangkitkan rasa cinta dan peduli kepada kereta api dan diharapkan murid dan guru juga menyosialisasikan kepada masyarakat sekitar,” katanya.

Menurut dia dengan sosialisasi ini akan mengajarkan mereka kenal dengan kereta api sejak dini sehingga tidak melakukan aksi pelemparan kepada kereta dan perbuatan yang tidak diinginkan lainnya.

Ia mengatakan pihaknya selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar stasiun dan wilayah lainnya. Mulai dari sosialisasi di kegiatan "Car Free Day" hingga mengunjungi sekolah-sekolah dan memberikan edukasi seputar kereta api kepada masyarakat.

Menurut di di Sumatera Barat sendiri pemanfaatan kereta api agak berbeda dari wilayah lainnya di Indonesia. Biasanya kereta api di daerah lain khusus sebagai alat transportasi untuk menghindari kemacetan dan lainnya.

“Di Sumbar sendiri kereta api fokus sebagai sarana edukasi dan wisata bagi masyarakat,” kata dia. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar