Ratusan relawan bersihkan material banjir di Agam

id Agam,banjir, sumbar,banjir bandang

Ratusan relawan bersihkan material banjir di Agam

Anggota Satpol PP Damkar Kabupaten Agam, sedang menyiram badan jalan di Galapuang, Nagari Tanjung Sani, Kabupaten Agam, Minggu (24/11). (Yusrizal)

Lubukbasung (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam Muhammad Luthfi mengatakan ratusan relawan melakukan pembersihan material banjir di Tanjungraya kabupaten tersebut.

Ia mengatakan pmbersihan material banjir bandang di Galapuang, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada hari kelima Minggu (24/11) dipusatkan di rumah korban dan Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA).

Kepala BPBD Agam, Muhammad Lutfi Ar di Lubukbawung, Minggu, mengatakan pemberersihan material banjir bandang yang masuk ke rumah korban dan MDA melibatkan ratusan relawan.

Mereka berasal dari BPBD, Satpol PP Damkar, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, TRC Semen Padang, Dishub, Dompet Duafha Singgalang.

Lalu anggota TNI, Polri, PMI, TKSK, KSB, BTB Agam, BTB Sumbar, pemerintah kecamatan, nagari, Mapala UNP, Rumah Zakat, siswa SMA Agam Candikia dan masyarakat setempat.

"Tim gabungan membersihkan rumah dan MDA itu semenjak Minggu pagi," katanya.

Ia mengatakan, banjir membawa lumpur masuk kedalam rumah warga sebanyak 12 unit dan dua unit tempat ibadah dengan ketinggihan sekitar 50 centimeter sampai dua meter.

Pihaknya mengupayakan material itu bisa dibersihkan dalam waktu dekat. Untuk material banjir bandang yang menimbun badan jalan yang menghubungkan Muko-muko menuju Sungai Batang sepanjang 200 meter dan tinggi tiga sampai lima meter sudah selesai dibersihkan Sabtu (23/11).

Saat ini arus lalulintas sudah kembali normal dan Satpol PP Damkar menyiram jalan itu.

"Pembersihan itu menggunakan dua alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Agam," katanya.