Peringati hari listrik nasional ke 74, PLN UIW Sumbar optimalkan pelayanan

id PLN, Listrik, penerangan, sumatera barat, padang daerah tertinggal

Peringati hari listrik nasional ke 74, PLN UIW Sumbar optimalkan pelayanan

GM PLN Bambang Dwiyanto bersama karyawan pada momentum peringatan hari listrik nasional ke 74 di Padang. (Ist)

Padang (ANTARA) - Semangat melistriki negeri dan memberikan pelayanan prima ke pelanggan sudah mendarah daging dalam diri setiap pegawai PLN, tak terkecuali insan PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat.

Di bulan ini, yang bertepatan dengan peringatan Hari Listrik Nasional ke 74, PLN UIW Sumbar tetap berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan.

Didukung oleh SDM yang handal dan berkompeten, PLN Sumbar siap mendukung program percepatan kelistrikan di daerah-daerah 3T yang ada di Provinsi Sumatera Barat, seperti keterangan pers yang diterima, Jumat.
Suasana pada kegiatan momentum peringatan hari listrik nasional ke 74 di Padang. (Ist)
General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat Bambang Dwiyanto mengungkapkan berdasarkan data per Agustus 2019, daya mampu pembangkit 150kV mencapai 608,8 MW sedangkan daya mampu pembangkit EBT 20Kv mencapai 32,22 MW.

Beban puncak di Sumatera Barat saat ini mencapai 602,7 MW sehingga cadangan ada sekitar 38,32 MW. "Ini murni dari Sumbar, tanpa adanya transfer dari selatan," tegas Bambang.

Bambang juga menambahkan komitmen PLN UIW Sumbar untuk senantiasa meningkatkan Rasio Elektrifikasi maupun Rasio Desa Berlistrik.

"PLN Sumbar tentu saja terus berupaya untuk meningkatkan RE maupun RD, karena itu tugas kita, bentuk pengabdian kita kepada masyarakat dan Negara. Untuk saat ini, RE PLN sudah mencapai 95,01 persen sedangkan RE Total 96,27 persen. RD juga sudah di angka 98,88 persen," lanjut Bambang.
GM PLN Bambang Dwiyanto pada kegiatan momentum peringatan hari listrik nasional ke 74 di Padang. (Ist)
Menjelang HLN ke 74, PLN UIW Sumbar turut berkontribusi dalam program One Man One Hope. Program sosial yang berupa penggalangan dana dari seluruh pegawai PLN untuk membantu pasang baru listrik kepada keluarga yang kurang mampu.

Program yang sudah diresmikan tanggal 15 Oktober 2019 yang lalu ini, mampu melistriki 184 KK kurang mampu yang tersebar di seluruh Sumatera Barat.

Selain berupaya untuk senantiasa meningkatkan kehandalan sistem pasokan listrik ke seluruh pelanggan, PLN UIW Sumbar juga tidak lupa untuk mengajak masyarakat turut serta dalam kampanye shifting electricity lifestyle.

Cadangan daya di Sumbar ini besar, bahkan di akhir tahun 2019 cadangan daya diperkirakan akan mencapai 128,9MW, jadi masyarakat tidak perlu khawatir menggunakan lebih banyak energi listrik untuk mempermudah aktivitas sehari-hari.

Contoh yang paling mudah, mari beralih ke kompor induksi, selain lebih aman juga lebih higienis, praktis dan lebih hemat.

Saat ini kendaraan listrik juga sudah dijual bebas, jadi memakai kendaraan listrik juga salah satu kontribusi kita untuk mengurangi polusi udara, selain lebih praktis tentunya, tidak perlu mengantri bahan bakar.

Cukup di charge di rumah atau di SPLU terdekat juga bisa jalan lagi, tambah Bambang.

Di kesempatan yang berbeda, Bambang juga mengemukakan bahwa sekarang ini sangat mudah bagi pelanggan untuk terhubung dengan PLN.

Jangan khawatir, urusan pasang baru, naik daya, complain dan pengaduan gangguan kelistrikan bisa menghubungi contact center PLN di 123 atau melalui website PLN. "Petugas kami standby 24 jam demi kenyamanan pelanggan,". imbuhnya.
Karyawan PLN UIW Sumbar olahraga pada momentum peringatan hari listrik nasional ke 74 di Padang. (Ist)
Di usia PLN yang menginjak angka 74 tahun, seluruh insan PLN di Indonesia dan Sumatera Barat khususnya tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Sinergi dengan para stakeholder dan pemerintah daerah juga terus digencarkan PLN guna mewujudkan tujuan mulia, memberi terang hingga ke pelosok negeri.
Manajemen dan Karyawan PLN UIW Sumbar gelar olahraga bersama pada momentum peringatan hari listrik nasional ke 74 di Padang. (Ist)