Cristiano Ronaldo belum siap pensiun

id Cristiano Ronaldo,Juventus,Serie A,Liga Champions,Liga Italia

Cristiano Ronaldo belum siap pensiun

Cristiano Ronaldo saat konfrensi pers menjelang pertandingan Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Italia pada 21 Oktober 2019.(REUTERS/MASSIMO PINCA)

Jakarta (ANTARA) - Cristiano Ronaldo meyakinkan suporter Juventus dan penggemarnya di seluruh dunia di usia 34 tahun, ia masih belum siap untuk pensiun dan meninggalkan olahraga yang membesarkan namanya itu.

"Usia hanyalah angka. Itu tidak berarti bahwa pada usia 34, 35, 36, anda berada di pengujung karir Anda," kata Ronaldo pada sebuah konferensi pers menjelang pertandingan Liga Champions antara Juventus melawan Lokomotiv Moscow pada Rabu dini hari WIB.

"Saya bisa menunjukkan itu dengan penampilan saya, bagaimana saya bermain, cara saya bermain, cara saya masih merasa baik, tajam, memikirkan permainan, lebih dewasa. Ini membuat perbedaan."

Ronaldo telah memicu kekhawatiran para penggemarnya ketika ia mengatakan dalam sebuah wawancara yang diterbitkan beberapa pekan lalu bahwa ia mulai menikmati aktivitas "di luar sepak bola", jadi siapa tahu apa yang akan terjadi dalam satu atau dua tahun ke depan?"

Pemain yang diikat kontrak empat tahun oleh Juventus itu baru-baru ini mencetak gol profesionalnya yang ke-700 saat bermain untuk timnas Portugal dan masuk nominasi untuk penghargaan Ballon d'Or.

Bila menang, ia bisa menjuarai Ballon d'Or keenam di sepanjang karirnya dan melampaui raihan penghargaan tersebut dari rivalnya Lionel Messi.

Namun, Ronaldo mengatakan ia lebih tertarik memenangkan treble bersama Juventus.

"Kami ingin memenangkan Serie A, kami ingin memenangkan Piala Italia, Liga Champions," katanya yang dilansir Sky Sports pada Selasa (22/10).

"Juventus harus berpikir besar. Kami akan berusaha memenangkan semua trofi, kami tahu ini akan sulit, terutama Serie A dan Liga Champions, tetapi saya rasa itu mungkin. Segalanya mungkin."

"Terkait penghargaan individu, saya tidak bisa mengatakan apa-apa karena ini adalah individu. Itu bukan hal yang paling penting," tambah Ronaldo.

"Yang terpenting adalah penghargaan kolektif. Bila Anda memenangkan penghargaan secara kolektif, peluang untuk memenangkan penghargaan individu lebih besar. Ballon d'Or bagi saya adalah prioritas kedua."

Meski masih belum terlalu memikirkan pensiun, Ronaldo mengungkapkan bahwa waktu bersama keluarga adalah bagian besar dari hidupnya.

"Untuk memenangkan pertandingan, untuk mencetak gol, untuk bersenang-senang, untuk tiba di rumah dan melihat anak-anak saya bahagia dan mereka berkata, 'Selamat ayah telah mencetak gol.' Itu membuat saya senang," ujar mantan pemain Manchester United itu.

"Ini adalah motivasi saya untuk berlatih, bertanding, menghibur orang-orang dan para penggemar dengan semangat saya."(sumber Sky Sports)