Pelajar Solok Selatan wakili Sumbar lomba permainan anak-anak di Jakarta

id Festival Permainan Anak Nagari ,Permainan Tradisional,Berita Sumbar,Berita Solok Selatan

Pelajar Solok Selatan wakili Sumbar lomba permainan anak-anak di Jakarta

Tim Solok Selatan dalam Festival Permainan Anak Nagari Sumatera Barat. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Padang (ANTARA) - Solok Selatan berhasil meraih Juara I pada Festival Permainan Anak Nagari kategori permainan egrang/tengkak-tengkak (secara estafet dimainkan 4 orang) yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Propinsi Sumbar, pada Kamis (3/10).

Kepala Bidang kebudayaan Dinas Pariwisata Solok Selatan, Desrial, di Padang, Jumat mengatakan tim Solok Selatan yang diwakili pelajar SMP 5 Pakan Salasa, Pauh Duo, Selanjutnya, berhak mewakili Sumbar ke lomba tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada 10 Oktober 2019 di Jakarta

Tidak hanya akan berlomba pada kategori egrang, Tim Sumbar yang diwakili oleh pelajar Solok Selatan tersebut juga akan berlomba pada jenis permainan lainnya.

"Anak-anak kita juga akan berlaga untuk kategori permainan lain, seperti terompah panjang, gasing, sumpit, serta permainan galah," sebutnya yang didampingi Kasie Pengelolaan dan Pengembangan Budaya, Darmansyah,.

Ia mengatakan bahwa tujuan dari lomba tersebut adalah untuk menghidupkan serta melestarikan permainan tradisional yang sudah mulai jarang dimainkan oleh anak-anak zaman sekarang.

Perlombaan ini juga untuk menanamkan nilai-nilai yang terkandung pada setiap permainan tradisional tersebut seperti kerja sama tim/kelompok, nilai-nilai sportivitas, menghargai sesama, kedisiplinan, kebersamaan, dan sebagainya.

Untuk kesiapan menuju lomba di Jakarta pada 10 Oktober mendatang, menurutnya pihak propinsi dan juga kabupaten akan mengintensifkan latihan agar mendapatkan hasil yang maksimal nantinya

"Mohon doa dan dukungan bagi anak-anak kita yang akan berlomba mewakili Sumbar nantinya," tukasnya.

Desrial menyampaikan terima kasihnya atas dukungan yang telah diberikan oleh pihak sekolah dari SMPN 5 Solok Selatan (Pakan Salasa) serta pihak-pihak di sekolah tersebut yang telah melatih tim. Adapun tim tersebut terdiri dari Divo Yuliawan, Gus AsrilAri Yanto Saputra, serta Rindo desriyansa, dengan pelatih yang bernama Piki.