Pesisir Selatan Perbaiki Irigasi Jalamu Batang Kapas

id Irigasi

Pesisir Selatan Perbaiki Irigasi Jalamu Batang Kapas

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni tinjau irigasi Batang Kapas. (ANTARA SUMBAR/ist)

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dalam waktu dekat akan memperbaiki Irigasi Jalamu yang mampu mengalirkan air ke 770 hektare sawah di Kecamatan Batang Kapas.

"Irigasi ini akan segera diperbaiki sehingga petani-petani di Batang Kapas bisa secepatnya turun ke sawah," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni ketika meninjau irigasi tersebut di Batang Kapas, Minggu.

Guna mempercepat perbaikannya, tambahnya, pihaknya telah mengintruksikan perangkat daerah terkait seperti Dinas PSDA dan BPBD setempat mencarikan jalan keluarnya.

"Skemanya nanti biar mereka yang atur yang pasti dalam waktu dekat irigasi ini segera berfungsi," katanya lagi.

Semenjak irigasi tersebut tidak berfungsi petani setempat hanya mengandalkan masuknya musim penghujan untuk turun ke sawah.

"Meski aktivitas turun ke sawah tetap berlangsung namun tidak efektif karena paling hanya bisa dilaksanakan sekali dalam setahun, berbeda halnya jika ada irigasi maka aktivitas bertanam padi bisa dilakukan tiga kali dalam setahun," katanya lagi.

Usai meninjau Irigasi Jalamu, Bupati Hendrajoni dan rombongan langsung menuju Pasar Batang Kapas dan menjalin komunikasi dengan masyarakat.

Pada kesempatan itu Hendrajoni mengajak masyarakat untuk merawat sarana dan prasarana pasar yang telah dibangun serta juga tetap menjaga kebersihan.*

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar