Peringati Haornas, Wali Kota Solok ajak masyarakat rajin olahraga

id haornas

Wali Kota Solok, Zul Elfian saat memberikan reward kepada atlet berprestasi di Solok, Senin. (Antara/Tri Asmaini)

Solok (ANTARA) - Wali Kota Solok, Sumatera Barat Zul Elfian mengajak masyarakat agar rajin berolahraga untuk meningkatkan derajat kesehatan pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 di Solok, Senin.

"Peringatan kali ini mengangkat tema "Ayo olahraga, dimana saja, kapan saja". Olahraga itu mudah dan menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang disediakan," kata Wali Kota Solok, Zul Elfian.

Menurutnya, dengan berolahraga akan turut berpartisipasi membangun Indonesia secara keseluruhan seperti membangun jiwa yang sehat dan badan yang kuat. Olahraga tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani.

"Dengan sehat rohani kita berarti telah mendukung kebijakan Bapak Presiden tentang revolusi mental," sebutnya.

Ia berharap kegiatan olahraga menjadi budaya masyarakat guna menjadikan masyarakat yang aktif dan sehat.

"Mari jadikan Kota Solok sebagai jantung Kota Sehat dengan sering berolahraga," ujarnya.

Zul Elfian menyebutkan pembinaan altlet muda berbakat yang didukung oleh talent indentification dan talent scounting yang tepat, telah dibuktikan pula pada perhelatan ASEAN Schools Games (ASG) 2019, Indonesia tidak sekadar sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum.

Rangkaian pencak silat road to olympic telah dilakukan tidak hanya diskusi-diskusi bersama pakar olahraga namun dilakukan pelatihan-pelatihan secara profesional di berbagai negara itu menunjukan keseriusan agar pencak silat bisa masuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang Olimpiade.

Perlunya pengintegrasian olahraga dengan sistem pendidikan nasional serta menumbuhkan minat masyarakat Indonesia dalam bidang olahraga sehingga dapat tumbuh menjadi bagian dari budaya dan kepribadian bangsa

Zul Elfian menyebutkan melalui peringatan Haornas, diharapkan prestasi olahraga untuk menuju pentas yang lebih besar yakni di olimpiade dan paralimpiade nanti.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar