Gowes Nusantara 2019 tumbuhkan semangat berolahraga

id Gowes Nusantara,Gowes Nusantara 2019,Haornas

Gowes Nusantara 2019 tumbuhkan semangat berolahraga

Ribuan peserta Gowes Nusantara 2019 di saat berada kawasan GOR H Agus SalimPadang, pada Minggu (31/3). (ANTARA Sumbar/Fathul Abdi)

Padang (ANTARA) - Ribuan pesepada tampak tumpah-ruah mengikuti kegiatan Gowes Nusantara 2019 yang digelar di Padang, Sumatera Barat

(Sumbar), pada Minggu.

"Ini adalah kegiatan positif yang perlu didukung karena menguatkan semangat olahraga serta hidup sehat melalui bersepeda," kata salah seorang pesepeda Randy Irwanto (27) di Padang, Minggu.

Ia menilai dengan kegiatan Gowes Nusantara tersebut suasana bersepeda menjadi lebih menarik dibandingkan olahraga di hari biasa.

"Kalau bersepeda di hari biasa kan tidak ramai, sementara di sini pesertanya ribuan sehingga menambah semangat," katanya.

Pesepeda lainnya Yuliasdi (35), mengatakan kegiatan itu juga bisa menjadi ajang silaturahim antara sesama penyuka olahraga bersepeda.

Mengingat peserta Gowes Nusantara 2019 yang terdiri dari berbagai komunitas itu tidak hanya dari Kota Padang saja, melainkan dari kabupaten atau kota lain di Sumbar.

"Saya bisa berkenalan dengan pesepeda dari daerah lain," katanya.

Beberapa di antara komunitas yang tampak berpartisipasi adalah komunitas sepeda gunung, sepeda ontel, dan lainnya.

Gowes Nusantara 2019 dibuka langsung oleh Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Olahraga (Kemenpora) Raden Isnanta, dan Wali Kota Padang

Mahyeldi Ansharullah.

Rute bersepeda dimulai dari GOR H Agus Salim Padang, melewati Jalan Khatib Sulaiman, Jalan Samudera, kawasan Pondok, Simpang Haru, Sawahan, dan kembali finish di GOR H Agus Salim.

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengatakan Padang merupakan daerah pertama yang dipilih sebagai kegiatan Gowes Nusantara 2019.

“Tahun ini targetnya adalah limapuluh kabupaten atau kota di 34 provinsi di Indonesia, dan Padang mendapat kerhomatan sebagai daerah

pertama," katanya.

Ia mengatakan ajang sepeda santai dalam rangka mengkampanyekan "Ayo Olahraga" itu mengusung tema "‘Kita Semua Bersaudara".

Tema tersebut diharapkan bisa mempererat tali persaudaraan bagi seluruh rakyat Indonesia, tanpa membedakan suku, bahasa, warna kulit,

dan agama.

"Saya berharap program Gowes Nusantara 2019 ini ampuh merangkai serta menguatkan persatuan dalam kebhinekaan," ujarnya.

Sementara Mahyeldi mengatakan pihaknya akan mendukung setiap kegiatan positif yang digelar untuk masyarakat.

Pada bagian lain, Puncak Gowes Nusantara 2019 rencananya akan dilaksanakan pada September 2019, bertepatan dengan perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September. (*)

Baca juga: Gowes Nusantara 2019 dilepas di Padang

Baca juga: BKKBN kampanyekan gerakan kembali ke meja makan untuk keluarga
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar