PLN UIW Sumbar tinjau 34 instalasi listrik pelanggan, momentum hari pelanggan nasional

id PLN,Hari Pelanggan Nasional,Instalasi listrik

PLN UIW Sumbar tinjau 34 instalasi listrik pelanggan, momentum hari pelanggan nasional

GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto (kanan) didampingi senior manager dan maneger serta Kepala SMP 1 Padang saat peninjauan instalasi listrik, Selasa (3/9/19). (Ist)

Padang (ANTARA) - PT.PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) meninjau sebanyak 34 instalasi listrik pelanggan pada momentum Hari Pelanggan Nasional yang jatuh setiap 4 September.

Peninjauan dipimpin langsung General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto, didampingi sejumlah senior manager dan manager, di Padang, Selasa.

"Kegiatah hari ini merupakan bentuk kepedulian dari PLN kepada pelanggan," ujar Bambang usai pemeriksaan instalasi listrik di SMP Negeri 1 Padang.

Upaya peninjauan itu, guna memastikan keamanan saluran listrik milik pelanggan PLN.

Karenanya untuk kegiatan tersebut, kata Bambang, PLN UIW Sumbar mengucurkan dana sebanyak Rp58 juta yang bersumber dari dana CSR.

Ia menjelaskan, pemeriksaan instalasi listrik pelanggan ini merupakan amanat undang-undang yang menyampaikan bahwa setiap pemanfaatan listrik atau gedung yang akan dialiri listrik itu harus layak secara operasi.

Kelaikan itu, harus dibuktikan dengan adanya Sertifikat Laik Operasi yang dikeluarkan oleh pihak yang bertanggungjawab untuk hal itu, yakni Lembaga Inspeksi Teknik dan kontraktor Listrik.

Jadi dalam kegiatan ini, PLN memfasilitasi dan memberikan biaya-biaya yang diperlukan untuk pemeriksaan, rehab dan grounding di bangunan-bangunan yang telah ditentukan, katanya.

Penilaian PLN untuk pemilihan bangunan atau gedung yang mendapatkan fasilitas tersebut yakni satu bangunan per Area PLN dan gedung-gedung yang sudah menjadi prioritas untuk diperiksa.

"Memilih gedung SMP 1 Padang, karena merupakan bangunan telah berusia cukup lama dan memiliki nilai history dan termasuk cagar budaya, makanya menjadi salah satu pelanggan yang dapat fasilitas ini," ungkapnya.

Dalam momentum memperingati Hari Pelanggan Nasional, kata Bambang, kegiatan yang dilaksanakan PLN meliputi Sapa Pelanggan, Mengunjungi Pelanggan PLN secara dadakan atau yang disebut Tok Tok Wow.

Kemudian yang tak kalah pentingnya juga, ada kegiatan dialog dengan Lembaga Konsumen guna mencari saran dan masukan. "Dengan beragam kegiatan tersebut, membuktikan PLN Sumbar turut memeriahkan peringatan hari pelanggan,"ujarnya.
GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto (tengah) didampingi senior manager dan Kepala SMP 1 Padang Hakim, serta majelis guru foto bersama saat peninjauan instalasi listrik dan penyerahan bantuan, Selasa (3/9/19). (Ist)


Di kesempatan ini, PLN bekerjasama dengah Jasa Kelistrikan Indonesia (JKI) yang dalam hal ini melaksanakan pemeriksaaan instalasi dan pemasangan grounding di SMP Negeri 1 Padang. Hadir General Manager JKI, Junizar Mochtar bersama anggota JKI.

“Jasa Kelistrikan Indonesia senang bisa bekerjsama dalam usaha-usaha PLN memberikan pelayanan terbaiknya kepada pelanggan. Kami berjalan beriringan dan saling memberikan support guna memastikan pelanggan nyaman dalam menikmati tenaga listrik,"ujar Junizar.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Padang Hakim mengungkapkan rasa terima kasihnya pada PLN UIW Sumbar yang telah memilih bangunan tersebut menjadi salah satu pelanggan PLN yang mendapat fasilitas pemeriksaan instalasi listrik tersebut.

Ia menyampaikan, kegiatan itu sangat berguna bagi sekolah karena bangunan tersebut diketahui sudah lama tidak mendapat pemeriksaan instalasi listrik dan grounding.

Kesempatan itu, selain melakukan kegiatan tersebut, PLN juga memberikan bantuan CSR kepada sekolah bantuan berupa uang tunai senilai Rp5 juta untuk pembangunan tempat berwudhu, kata Hakim.

Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar