Miningkatkan minat baca, pengelola perpustakaan dapat Bimtek

id Perpustakaan,Bimtek,Pelatihan

Pengelola perpustakaan sekolah se-Kabupaten Sijunjung dapat pembekalan guna meningkatkan minat baca. (Ist)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 25 orang pengelola perpustakaan Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Sijunjung mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Perpustakaan, guna mendorong minat baca.

Kegiatan yang sudah berlangsung sejak 27 Agustus 2019, dan berakhir hari ini (29/8) pada salahsatu hotel di KotaPadang.

Kegiatan selama tiga hari yang diselenggarakan oleh Aparatur Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung ini dibuka Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin.

Dalam sambutannya Bupati menyebutkan, tolok ukur kemajuan sebuah daerah adalah ketika memiliki segudang ilmu pengetahuan.

Hal ini tentu berawal dari meningkat dan berkembangnya budaya baca di tengah masyarakat dengan salah satu emrionya adalah meningkatkan dan mengembangkan budaya baca serta memaksimalkan keberadaan Perpustakaan

terutama di Sekolah Dasar (SD).

"Melalui Bimtek pengelola perpustakaan SD se-Kabupaten Sijunjung kita dapat menjadikan perpustakaan sekolah menjadi tempat bermain dan belajar bagi siswa maupun guru. Tidak hanya bagi pendidik tapi juga bagi peserta didik," ucapnya.

Mengingat begitu pentingnya perpustakaan dalam meningkatkan minat dan budaya baca siswa, dalam hal ini merupakan salah satu indikator untuk mencapai misi ke dua daerah, yaitu mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, kuat, cerdas dan berakhlak mulia.

"Ini sejalan dengan program Pemerintah Daerah yang menghendaki meningkatnya minat dan budaya baca siswa, untuk itu diharapkan outcome Bimtek ini kepada seluruh peserta untuk dapat menerapkandi sekolah masing-masing sesuai dengan tuntunan yang telah dipelajari," harap Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung Darlias dalam laporannya menyebutkan, Bimtek ini bertujuan untuk menjadikan perpustakaan SD sebagai arena rekreasi dan tempat belajar bagi pendidik maupun peserta didik.

"Guru sebagai tenaga pendidik yang akan menciptakan generasi muda yang cerdas dan berkualitas," tegasnya.

Diharapkan dengan adanya Bimtek pengelola perpustakaan SD se-Kabupaten Sijunjung, terlaksana secara baik.

Justru itu, semua peserta yang hadir mengikuti Bimtek ini dapat menerapkannya di sekolah masing-masing serta bisa bermanfaat untuk dirinya dan siswanya, imbaunya.

Darlias menyebutkan sebanyak 25 orang peserta dari guru SD se-Kabupaten Sijunjung yang akan mengikuti Bimtek dari Selasa hingga Kamis, (27-29/8) ini difasilitasi penginapan, makan siang dan malam serta sneack pagi dan sore,lanjutnya

Turut hadir Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Wadarusmen, SE. MM dan narasumber dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas).

Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar