Pedagang dan pengunjung Pasar Raya Solok resah karena bau busuk

id Pasar Raya Solok,Bau Busuk Got

Kondisi genangan air yang berbau busuk sehingga membuat sejumlah pengunjung pasar risih saat melaluinya. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Solok (ANTARA) - Sejumlah pengunjung Pasar Raya Solok, Sumatera Barat, mulai mengeluhkan bau busuk yang menyengat diduga karena adanya saluran air (got) yang tersumbat karena sampah.

"Bau busuk ini sangat menggangu saya sebagai salah satu pengunjung pasar yang selalu melewati jalan ini untuk bisa menuju tempat penjual makanan dan minuman siap saji, tapi karena bau busuk ini biasanya saya berjalan santai, harus berjalan lebih cepat," kata seorang pengunjung pasar, Yunia di Solok, Rabu.

Yunia juga menyebutkan bau busuk ini diduga karena di jalan dalam pasar tersebut ada genangan air karena tumpukan sampah di dalam saluran air (got) membuat airnya meluap keluar, sehingga menimbulkan aroma busuk yang menyengat.

Selain itu, pertokoan yang berada tidak jauh dari Kantor Satpam Pasar Raya Solok ini juga tidak datar lantainya, sehingga terlihat banyak lubang yang membuat genangan air tidak hanya berada pada dua lubang saja, tapi hampir berada di setiap sisi jalan sehingga bau busuk ini semakin terasa.

Sementara itu, salah seorang pedagang makanan yang berjualan di sekitar jalan tersebut Yusnelli, mengatakan bau busuk ini berpengaruh pada pembeli yang berbelanja ke warungnya.

"Biasanya setiap harinya sebelum bau busuk ini muncul ada sekitar 20 orang pembeli setiap harinya, tapi saat bau busuk ini mulai sepi pembeli," ucapnya.

Ia juga mengatakan untuk selalu menjaga kebersihan dagangannya, Ia selalu merapikan warungnya supaya pembeli merasa aman saat membeli diwarungnya.

"Saya selalu mengutamakan kebersihan dengan menjaga kebersihan dagangan, dan kebersihan warung saya dengan selalu membersihkan nya," terangnya.

Menurutnya, memang masih adanya sejumlah pedagang, dan pengunjung pasar yang tidak sadar akan kebersihan, sehingga membuang sampah sembarangan, dan membuat genangan air dan bau seperti ini.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solok, Reinier mengungkapkan, dalam menjaga kebersihan Kota Solok, tim kebersihan setempat selalu melakukan aksi bersih- bersih setiap malam harinya dan sebuh harinya.

"Demi menjaga Kota Solok agar selalu bersih, tim kebersihan kami selalu melakukan aksi bersih- bersih setiap malam dan sebuh harinya, aksi bersih tidak terkecuali juga untuk Pasar Raya Solok," katanya.

Reinier juga mengungkapkan terkait bau busuk yang ada di Pasar Raya Solok, ia akan mencoba mengecek lokasi tersebut terlebih dahulu.

"Kami akan cek lokasi terlebih dahulu, dan akan mengajak pihak terkait seperti Dinas kebersihan dan Perkim agar bisa dicarikan solusinya," ujarnya.

Dalam hal ini, Reinier juga meminta dan mengajak warga Kota Solok dan sekitarnya, untuk selalu menjaga kebersihan terutama para pedagang yang berjualan di Pasar raya Solok.

"Karena jika bisa menjaga kebersihan, maka akan membuat pengunjung nyaman, dan apa yang dijual bebas dari penyakit," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar