Bupati harapkan Simpeg mudahkan kinerja pegawai

id Simpeg,Pemkab Solok,Gusmal

Bupati Solok, Gusmal saat memberikan arahan pada sosialisasi penataan arsip elektronik dan data pegawai dalam aplikasi sistem informasi manajemen kepegawaian bagi operator komputer. (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)

​​​​​​​Arosuka (ANTARA) - Bupati Solok, Gusmal mengharapkan adanya Sistem Informasi Pegawai (Simpeg) dapat memudahkan kinerja pegawai karena data bisa diakses dimana saja.

"Simpeg yang kami kembangkan ini berbasis online sehingga dapat diakses dimana saja, kapan saja dan relatif aman dari kemungkinan data hilang ataupun rusak," kata Bupati Solok, Gusmal di Arosuka, Selasa (6/8) saat Workshop penataan arsip elektronik dan data pegawai dalam aplikasi sistem informasi manajemen kepegawaian bagi operator komputer.

Ia berharap ke depannya semua pelayanan kepegawaian dilakukan melalui aplikasi Simpeg ini.

Ia menyebutkan tersedianya data yang valid pada Simpeg dapat bermanfaat untuk mendukung pelayanan administrasi kepegawaian, seperti proses kenaikan pangkat, pensiun otomatis metode paperless, maupun keperluan pengembangan karir pegawai.

Keberadaan simpeg ini akan mendukung integritas data, kemudahan pengaksesan dan kemudahan pengelolaan sehingga dapat mendukung kelancaran pelaksanaan dan fungsi dalam bidang administrasi kepegawaian yang efektif dan efesien.

Ia menyebutkan berbagai hal yang diperoleh dari Simpeg ini, seperti pencarian data pegawai lebih mudah dan cepat, pembuatan laporan sangat mudah, dapat melihat informasi pegawai secara cepat dan akurat.

Selain itu juga dapat dengan cepat merencanakan kebutuhan dan pengembangan karir pegawai dan lainnya.

Pihaknya akan terus berupaya mengembangkan aplikasi Simpeg ini agar lebih maksimal penggunaannya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Solok Feris Novel mengatakan kegiatan ini untuk menyosialisasikan pemanfaatan dan arah pengembangan sistem informasi manajemen kepegawaian (Simpeg) di lingkungan pemkab Solok.

"Pemberian akun Simpeg masing-masing untuk setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," ujarnya.

Menurutnya, dengan memberikan pelatihan kepada operator komputer sekolah dasar tentang penataan arsip elektronik dan data pegawai pada aplikasi Simpeg memudahkan kerja operator karena lebih tertata dan mudah digunakan.

Sosialisasi ini dikuti oleh 360 orang operator komputer dari masing-masing Sekolah Fasar di Kabupaten Solok.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar