Kemenkominfo gelar Digital Talent Scholarship bagi lulusan SMK se-Sumbar

id Digital Talent Scholarship,Kemkominfo

Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan Irbar Samekto. (Antara Sumbar/Mutiara Ramadhani)

Padang (ANTARA) - Kemenkominfo latih lulusan SMK yang belum mendapat pekerjaan, melalui program Digital Talent Scholarship (DTS) 2019 dalam menghadapi era evolusi industri 4.0 di Padang, 29 Juli hingga 28 Agustus 2019.

Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kemkominfo Medan Irbar Samekto di Padang, Senin mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan SMKdalam upaya pengurangan angka pengangguran serta tenaga terampil di bidangteknologi.

“Sekarang mungkin orang mengangkap lulusan SMK masih belum siap pakai tapi dengan adanya kegiatan DTS 2019 ini kita coba membuktikan bahwa Indonesia mampu untuk meningkatkan produtivitas yang mempunyai daya saing,” katanya.

Ia menambahkan nantinya peserta yang lulus pelatihan ini, skill-nya akan setara dengan D3.

Khusus di Sumatera Barat, ada sebanyak 191 peserta dari alumni SMK se- Sumatera Barat dan juga ada dari luar Sumbar seperti Riau dan Jambi yang mengikuti pelatihan di labor PNP selama 18 hari.

“ Ada 18 hari pertemuan yang mana satu hari ada empat jam, yang di bagi menjadi dua sesi yaitu pagi dan siang dan dimulai dari hari Senin hingga Jumat,” kata Ketua Panitia pelaksana DTS 2019 Rainal Hadi.

Ia menambahkan ada tiga kompetensi yang diajarkan yaitu Junior Network Administrator, Junior Mobile Programmer, dan Junior Grafik Designer.

Dari tiga kompetensi yang diajarkan, peserta harus memilih salah satu kompetensi yang ingin mereka pelajari dari awal melakukan registrasi sesuai dengan minat dan kompetensi masing-masing.

Di akhir pelatihan nanti akan diadakan uji kompetensi dan peserta akan mendapatkan sertifikat yang berguna sebagai penunjang bagi mereka untuk mendapatkan pekerjaan.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar